Puluhan Jurnalis Se-Sulawesi Ujian, Jurnalis KARAKTER Ikut Jadi Panitia

Puluhan Jurnalis Se-Sulawesi Ujian, Jurnalis KARAKTER Ikut Jadi Panitia

- in Kabar Kampus, Kampusiana, Uncategorized
2757
1

Karakterunsulbar.com – Puluhan wartawan atau jurnalis yang tergabung di Aliansi Jurnalis Independen (AJI) kota Mandar, Sulawesi Barat mengikuti Uji Kompetensi Jurnalis (UKJ) di Majene 2-3 Februari 2018.
Mahasiswa Jurnalis kampus KARAKTER Unsulbar terlibat aktif sebagai panitia pelaksana, salah satu tugasnya adalah menjadi admin pada ujian tersebut.

Puluhan jurnalis yang mengikuti UKJ AJI kota Mandar tersebut berasal dari berbagai latar belakang media, mulai jurnalis televisi, media cetak hingga jurnalis media on line.

Jurnalis KARAKTER, Nurkhalisa (tengah) mengampingi penguji di UKJ AJI kota Mandar.

Selain wartawan asal Sulawesi Barat, jurnalis peserta UKJ AJI kota Mandar juga datang dari AJI Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut), AJI Kota Palu, Sulawesi Tengah (Sulsel) serta Makassar, Sulawesi Selatan.

AJI Indonesia mengirim sejumah wartawan senior untuk menjadi tim penguji kompetensi jurnalistik peserta UKJ, para penguji itu antara lain : Budisantoso Budiman (jurnalis / Redaktur Antara), Uslimin (jurnalis Fajar), Thamzil Thahir (jurnalis Tribun Timur), M. Djufri Rachim, Muannas (jurnalis Celebes TV), Ishak (Kompas TV ) dan Yoseph Ikadubun ( jurnalis liputan6.com).

Penguji AJI Indonesia, Budisanto Budiman bersama jurnalis KARAKTER, Misbah Sabaruddin

” Uji Kompetensi Jurnalis ini penting untuk mendorong terus lahirnya jurnalis yang profesional, memahami etika jurnalistik,” kata Budiman yang juga redaktur senior di kantor berita Antara.

KARAKTER jadi Admin Ujian

Mahasiswa jurnalis kampus Lembaga Penerbitan dan Penyiaran (LPP) KARAKTER Unsulbar terlibat aktif dalam kegiatan itu, para mahasiswa menjadi bagian dari panitia pelaksana.
Para mahasiswa membantu mulai persiapan teknis UKJ hingga menjadi admin uji kompetensi jurnalis tersebut.

Menurut salah seorang jurnalis KARAKTER, Adila Ramadhani ( Hubungan Internasional 2017), keterlibatan mempersiapkan UKJ para wartawan menjadi pengalaman yang sangat berharga karena dapat berkomunikasi langsung secara aktif dengan para wartawan senior nasional yang datang ke Majene.

” Sebagai mahasiswa yang aktif sebagai wartawan kampus, menjadi admin saat ujian wartawan itu sangat bermanfaat, banyak pengalaman dan informasi baru yang kami terima,” kata Adhila yang menjadi admin di UKJ tingkat jurnalis Muda.

Jurnalis KARAKTER Unsulbar lainya, Hikmah Sudirman ( Akuntansi 2016),  juga mengungkapkan bahwa interaksi dengan para wartawan senior yang sudah berpengalaman dapat menjadi inspirasi untuk mengingkatkan kemampuan bidang jurnalistik di kampus.

” Pengalaman tentu adalah pelajaran paling berharga, kami banyak dapat ilmu baru, terutama soal standar etika dan perilaku saat meliput, sehingga semangat untuk terus menulis juga makin membara di hati,” kata Hikmah.

Jurnalis KARAKTER lainnya yang menjadi admin UKJ AJI adalah Nukhalisa (Pendidikan Fisika 2016 ), Andriani (Teknik Informatika 2015) serta Misbah Sabaruddin (Pendidikan Fisika 2013).
Tugas utama admin UKJ itu adalah mendampingi penguji saat menguji kompetensi para wartawan peserta ujian.

” Kami menjadi lebih faham mengenai dunia kewartawanan, bagaimana tantangan menjadi jurnalis dan tentu peluang – peluang bagi mahasiswa yang aktif sebagai penulis,” kata Nurkhalisa.

Sementara untuk membantu persiapan teknis, para jurnalis KARAKTER yang terlibat antara lain Irwan ( Pendidikan Biologi 2013), Sumitro ( Ilmu Politik 2015), Irwan ( Pendidikan Fisika 2016 ) dan Wawan (Teknik Informatika 2015 ).

” Terima kasih kepada teman – teman mahasiswa Unsulbar dari LPP KARAKTER yang aktif membantu pelaksanaan UKJ termasuk menjadi admin, ini tentu juga menjadi kesempatan berharga bagi para mahasiswa untuk memperdalam pengetahuan tentang jurnalistik,” kata ketua AJI kota Mandar, Sulbar, Muhammad Ridwan Alimunddin.

Menurut Ridwan yang juga merupakan aktivis literasi tingkat nasional, AJI kota Mandar sudah sering berinteraksi dengan pers kampus, KARAKTER yang diharapkan dari jalinan itu dapat melahirkan jurnalis profesional dan taat etika jurnalistik. (RD01 )

About the author

1 Comment

  1. SUKSES kawan-kawan AJI yang ikut UKJ di Majene. Semoga ilmunya bermanfaat, junjung terus profesionalisme berMedia.. Amiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

Resmi Berdiri, Prodi Bisnis Digital Unsulbar Siap Terima Mahasiswa Baru

karakterunsulbar.com – Program studi Bisnis Digital yang baru