Unsulbar Bangun Laboratorium Terpadu Senilai 40 Miliar

Unsulbar Bangun Laboratorium Terpadu Senilai 40 Miliar

- in Kabar Kampus
957
0

Foto: Suasana peletakan batu pertama pembanguan Laboratorium Terpadu Unsulbar (sumber: Humas Pemkab Majene)

Karakterunsulbar.com – Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) kini siap membangun Laboratorium Terpadu dengan melakukan peletakan batu pertama oleh Bupati Majene, Fahmi Massiara, di Kampus Padhang-padhang, Kelurahan Tande, Kecamatan Banggae Timur, Majene. Senin, (20/04/2020)

Bangunan yang pelaksanaan kontraknya mulai 27 Maret sampai 22 Oktober 2020 tersebut mendapatkan sumber dana Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) sebesar Rp. 40.845.000.000,-.

Dan, akan dikerjakan oleh PT. Pratama Godean Jaya sebagai Kontrakyor Pelaksana, dan PT. ARS Baru sebagai Managemen Kontruksi.

Dalam sambutannya, Fahmi bersyukur, pembangunan telah berjalan sesuai aturan. Dan, Pemerintah tidak akan menutup mata apabila pembangunan laboratorium tersebut telah selesai.

“Bila sudah ada nampak pembangunannya tentu pihak Pemda akan membantu untuk pembebasan lahannya, karena selama ini belum ada kegiatan pembangunan, kami sudah berikan lahan seluas 30 hektar,” ujarnya.

Ia juga menyebutkan akses jalan menuju kampus Padhang-padhang yang telah Pemkab berikan dengan berbagai alternatif jalur yang ada.

Juga mengungkapkan bahwa beberapa waktu yang lalu, untuk menyikapi harapan Rektor Akhsan terkait perluasan area Unsulbar, Pemkab bersama Wakil Rektor, Anwar Sulili telah datang ke Padhang-padhang untuk meninjau dan bermaksud melakukan pembebasan lahan.

Pemkab sudah menganggarkan untuk masuk di APBD 2020 terkait pembebasan lahan, namun karena adanya ketentuan dari Menteri Keuangan (Menkeu) maka semua kegiatan pembiayaan ditarik kembali ke pusat.

Ia menambahkan, Pemkab juga telah melakukan penyesuaian kembali atau Realokasi dan Recofusing anggaran, karena situasi sudah tidak memungkinkan, termasuk di APBD semua merosot sangat jauh.

Yang timbul justru adalah banyaknya pembiayaan sosial kemanusiaan yang harus dikeluarkan secara tunai kepada warga yang terkena dampak Covid-19.

“Karenanya, ia berpesan agar selalu berikhtiar dengan baik agar pembangunan Unsulbar terus bertambah dari tahun ke tahun,” tutupnya.

Rektor Akhsan yang turut hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan, laboratorium tersebut akan menjadi bangunan pertama yang akan dibangun dengan sangat strategis.

Mengingat bangunan perkuliahan yang sedianya dibangun sudah dua kali gagal dalam pelelangan dan sudah dilaporkan ke Menteri, Gubernur, Kepala Polisi Daerah (Kapolda) Sulbar dan Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulbar untuk menjadi perhatian.

“Karena ruangan perkuliahan sangat kami butuhkan,” lanjutnya.

Ia juga menjelaskan, selain sebagai laboratorium, bangunan tersebut juga akan diperuntukan bagi mahasiswa yang difabel dengan sarana pendukung bagi mereka nantinya.

Tambahnya, kedepannnya akan dibangun juga Auditorium kampus yang akan berguna sebagai tempat wisuda, dimana selama ini menggunakan Aula Masjid Ilaikal Mashir Majene.

Turut hadir, Wakil Rektor Unsulbar, Anwar Sulili, Komandan Distrik Militer (DANDIM) 1401 Majene, Letkol Inf Yudi Rombe, yang mewakili Kejaksaan Negeri (Kejari) Majene, Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Majene, serta para Dekan Unsulbar dan Pelaksana Pekerjaan.

Rencana Pembangunan Laboratorium Pusat Terpadu Unsulbar

Pembangunan Laboratorium tersebut telah direncanakan sejak 2019 lalu berdasarkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) yang diterima oleh Unsulbar dari pemerintah pusat melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk periode 2019-2020.

Berdasarkan rilis karakterunsulbar.com, (18/11/2019), Rektor Akhsan membenarkan bahwa Unsulbar mendapat dana sebesar 121 miliar yang mana dana tersebut akan digunakan untuk pembangunan laboratorium terpadu termasuk peralatannya sebayak 71 miliar, sedangkan 50 miliar akan digunakan untuk operasional perkantoran juga gaji Aparatur Sipil Negara (ASN).

Laboratorium yang akan dibangun adalah jenis laboratorium dasar dan terpadu, sehingga praktek mata kuliah dasar dapat dilakukan oleh beberapa program studi menggunakan laboratorium tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

Jalur Mandiri Unsulbar Dibuka Agustus

Foto : Rektorat Unsulbar Karakterunsulbar.com – Seleksi masuk