Teknologi Pengasapan Ikan ala Prodi Perikanan Unsulbar

Teknologi Pengasapan Ikan ala Prodi Perikanan Unsulbar

- in Kabar Kampus
243
0

Foto: Penerapan teknologi Pengasapan Ikan oleh LPPM bersama dosen Prodi Perikanan Unsulbar

Karakterunsulbar.com – Dosen Prodi Perikanan, Fakultas Peternakan dan Perikanan (Faptekan) Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) ciptakan inovasi teknologi Pengasapan Ikan dengan memanfaatkan barang bekas berupa dua buah drum yang berfungsi sebagai tungku bahan bakar dan oven.

Alat yang diperkenalkan dalam kegiatan Pengabidan Kepada Masyarakat di Kelurahan Mosso, Kecamatan Sendana, Kabupaten Majene itu dilengkapi rak tempat meletakkan ikan dalam oven, juga terdapat pipa penghubung saluran asap dari bahan bakar ke oven, dan penutup yang dilengkapi cerobong asap. Sabtu, (25/07/2020)

Teknologi pengasapan itu pun diterapkan pada Ikan Terbang Khas Mandar dalam kegiatan pengabdian yang bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unsulbar.

Alat pun sebelumnya dicat dengan anti karat dan menggunakan bahan besi baja yang tahan lama.

Suasana perkenalan teknologi Pengasapan Ikan Terbang Khas Mandar di Kelurahan Mosso, Kabupaten Majene

Kegiatan ini dihadiri oleh dosen dari Prodi Perikanan dan anggota kelompok “Siamasei Lestari” yang merupakan mitra utama kelompok pengabdian, juga dihadiri oleh Unsur aparat kelurahan setempat.

Reski Fitriah S.Pi., M.Si, (Dosen Prodi Perikanan Tangkap), selaku ketua tim pelaksana menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas Usaha Kelompok Masyarakat (UKM) Pengasapan Ikan Terbang di Kelurahan Mosso melalui beberapa kegiatan penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK).

“Diantaranya Pembinaan dan pendampingan kelompok usaha tentang manajemen usaha dan tata cara produksi yang baik dan benar, Penerapan teknologi alat pengasapan secara terkontrol, dan Pengemasan produk dan pembuatan label,” jelasnya. (25/07)

Ibu-ibu UKM Pengasapan Ikan Terbang Khas Mandar Kel. Mosso, Kec. Sendana, Kab. Majene saat melakukan pengemasan ikan

Kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang didanai oleh Ditjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Kebudayaan pada skema Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Tahun 2020.

Ia juga menjelaskan, secara umum pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan usaha kelompok sehingga kesejahteraan masyarakat dapat meningkat.

Selain kegiatan pengabdian tentang Penerapan Teknologi Pengasapan Ikan, juga dilakukan penyuluhan aturan kesehatan dalam menanggulangi Covid-19 berupa tata cara cuci tangan yang baik, penggunaan masker, dan protokol kesehatan lainnya.

Kepala Kelurahan Mosso yang dalam hal ini diwakili oleh Idham berterima kasih kepada Unsulbar yang telah bersedia menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat di wilayahnya.

“Kegiatan tersebut sangat bermanfaat dan bernilai positif bagi Kelompok Pengasapan Ikan dalam meningkatkan produktivitas usaha Pengasapan Ikan Terbang Khas Mosso yang telah dikenal,”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

Dosen Ekonomi Unsulbar Latih Warga Kemas Produk Gula Merah

Foto : Dosen Unsulbar saat melakukan pengabdian kepada