Mahasiswa Unsulbar Jadi Ketua Aktivis Peneleh Tingkat Nasional

Mahasiswa Unsulbar Jadi Ketua Aktivis Peneleh Tingkat Nasional

- in Berita
401
0

Foto : Diksarnas XV aktivis Peneleh

Laporan : Syahril

Karakterunsulbar.com – Mahasiswa Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar), Irwan (Pendidikan Fisika, 2016) terpilih sebagai ketua Aktivis Peneleh angkatan 15 tingkat nasional, Minggu (5/9/2021).

Aktivis Peneleh merupakan perkumpulan pemuda terpilih yang menjadi bagian dari Yayasan Jang Oetama yang telah melewati proses seleksi ketat dan dinyatakan lolos mengikuti Diklat Dasar Nasional (Diksarnas).

Yayasan ini didedikasikan untuk penggodokan ide dan upaya-upaya perubahan sosial kebudayaan menuju peradaban nusantara yang berketuhanan, adil, makmur, dan sejahtera. Organisasi ini merujuk secara historis pada rumah HOS Tjokroaminoto yang dijuluki “Raja Jawa Tanpa Mahkota”, tokoh sentral Syarikat Islam (SI) di Jalan Peneleh Surabaya. Diantara pembinanya Dr. Aji Mulawarman dosen Universitas Brawijaya juga masuk sebagai 100 dosen terbaik Indonesia.

Terpilihnya Irwan sebagai ketua angkatan melalui musyawarah. Setelah bersaing dengan mahasiswa se-Indonesia melalui jalur seleksi dan lolos 14 besar mengikuti Diksarnas bersama mahasiswa lainnya dari Universitas Brawijaya, Universitas Hasanuddin, Universitas Negeri Makassar, Universitas Negeri Semarang, Universitas Muhammadiyah Makassar, Universitas Muslim Indonesia dan sejumlah kampus ternama lainnya.

Irwan berhasil mengalahkan pesaingnya, mahasiswa Universitas Negeri Semarang, Universitas Muhammadiyah Makassar dan Universitas Negeri Makassar, serta mahasiswa Pascasarjana Universitas Brawijaya.

“Alhamdulillah terpilih sebagai ketua, cuman sempat tidak percaya diri karena saingannya mahasiswa dari kampus ternama bahkan beberapa mahasiswa Pascasarjana,” jelas Irwan, (6/9)

Lanjut Irwan menjelaskan, tugas ketua angkatan sendiri pemimpin konsolidasi tingkat regional bahkan tingkat nasional untuk mengawal persoalan bangsa sebagaimana motto yayasan ini yaitu Zelfbestuur artinya Indonesia mandiri dari semua aspek.

“Kita akan memperkuat konsolidasi tingkat regional hingga pusat untuk mengawal persoalan kebangsaan,” terangnya.

Sebagai langkah awal bulan November 2021 mendatang, aktivis Peneleh akan melaksanakan kegiatan kemanusiaan di Kabupaten Maros, Sulawesi Barat.

Sebelum pemilihan ketua, Diksarnas Aktivis Peneleh dilaksanakan 1- 5 September 2021 di Benteng Somba Opu, Makassar, Sulawesi Selatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

Mahasiswa Unsulbar Gelar Aksi Kolaborasi Vaksinasi

Foto : proses vaksinasi di aksi kolaborasi mahasiswa