Mahasiswa Mengeluh Keaktifan Kuliah Online, Ketua Prodi Ilmu Politik Janji Evaluasi

Mahasiswa Mengeluh Keaktifan Kuliah Online, Ketua Prodi Ilmu Politik Janji Evaluasi

- in Kabar Kampus, Kampusiana
644
0
Lab Terpadu Unsulbar

Foto : Laboratorium Terpadu Unsulbar

Karakterunsulbar.com – Sejumlah mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) mengeluhkan keaktifan kuliah online selama Pandemi Covid-19.

Salah satu keluhan datang dari mahasiswa berinisial A (Ilmu Politik, 2020), yang mengungkapkan bahwa selama mengikuti pembelajaran online di masa Pandemi Covid-19, ia merasakan beberapa ketidaksesuaian. Seperti dosen yang hanya melakukan absensi tanpa mengajar, hingga dosen yang sering alpa dari jadwal kuliah.

“Ada dosen yang cuman suruh absen, ada juga yang hanya kirim materi saja tanpa diskusi, bahkan juga ada yang jarang masuk,” jelas A kepada karakterunsulbar.com, (17/10/2021).

Hal serupa juga diungkapkan oleh R (Ilmu Politik, 2020). Ia mengaku, di kelasnya terdapat mata kuliah yang mengalami keterlambatan materi akibat dosen yang sering absen mengajar. Bahkan tak jarang dosen langsung memberi tugas tanpa materi pengantar untuk mengejar ketertinggalan materi.

A dan R pun hanya bisa berharap, dosen memberikan perhatian dan bisa memahami posisi mahasiswa. Mereka menginginkan pembelajaran yang aktif dan juga efektif, seperti diskusi dan memberi penjelasan materi pengantar sebelum tugas.

“Kami mohon dosen jangan hanya beri materi karena yang kami juga mau adalah diskusi,” harap R, (17/10).

Tanggapan Ketua Prodi Ilmu Politik

Secara terpisah, dikonfirmasi kepada Ketua Program Studi Ilmu Politik, Asriani, S.Ip M.Si. Ia menyebutkan, telah menerima laporan dari mahasiswa angkatan 2020 terkait dengan keluhan adanya dosen yang kurang maksimal dalam mengajar.

Menanggapi hal tersebut, Asriani menjelaskan, dirinya langsung mengonfirmasi ke beberapa kelas di Prodi Ilmu Politik. Ia membenarkan, kejadian tersebut dialami satu kelas.

“Kalau kelas lainnya aktif normal,” terang Asriani, (20/10).

Ia juga telah memberitahukan ke Grup WhatsApp dosen Prodi Ilmu Politik perihal keluhan mahasiswa tersebut.

Atas kejadian ini, Asriani berjanji akan melakukan evaluasi dan meminta para dosen memperhatikan kewajiban dalam mengajar.

“Jadi laporan mahasiswa akan menjadi evaluasi di Prodi terkait metode mengajar dosen yang masih dilaksanakan secara online, dan kedepanya dosen memperhatikan kewajiban dalam hal pengajaran,” janji Asriani.

Sementara itu, Rektor Unsulbar, Dr. Akhsan Djalaluddin, MS menyebutkan bahwa dirinya tidak bisa mengambil langkah secara langsung kepada dosen yang bersangkutan atas masalah keluhan mahasiswa tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

Wisuda Pertama di Kampus Padha-Padhang

Foto : Pelaksanaan program wisuda IX Tahun 2021