Mahasiswa Keluhkan Pembayaran KKN

Mahasiswa Keluhkan Pembayaran KKN

- in Kabar Kampus
1717
0

Foto: Mahasiswa KKN Unsulbar Gelombang XI Tahun 2018.

Karakterunsulbar.com- Mahasiswa Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar), mengeluhkan uang pendaftaran Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2019 yang dinilai tidak sesuai dengan penyampaian pada Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru  (PKKMB) 2016 silam.

Keluhan tersebut disampaikan oleh Irnawati (Pendidikan Matematika, 2016), menurutnya, pembayaran KKN angkatan 2016 tidak sesuai yang disampaikan pada saat PKKMB.

Juga disampaikan Akhsan (Peternakan, 2016), mahasiswa angkatan 2016 adalah angkatan pertama berlaku Uang Kuliah Tunggal (UKT) jadi seharusnya biaya KKN tidak dibebankan lagi.

“Setahu saya angkatan 2016 adalah angkatan pertama yang mendapat UKT bukan lagi SPP jadi saya kira untuk KKN mahasiswa tidak dibebankan lagi untuk membayar,” katanya.

Ia juga turut prihatin kepada mahasiswa jalur mandiri yang telah membayar UKT mahal tapi masih dibebankan biaya tersebut.

Secara terpisah, dikonfirmasi kepada ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyakat (LPPM) Unsulbar, Abdul Kadir menjelaskan syarat untuk mahasiswa yang akan mengikuti KNN 2019.

Syarat tersebut yaitu terdaftar sebagai mahasiswa semester  VI dibuktikan slip pembayaran UKT, telah mengumpulkan minimal 110 sks, direkomendasikan oleh Dekan untuk mengikuti KKN dan menyelesaikan pembayaran Rp. 935 ribu.

Mahasiswa KKN 2019 nantinya akan tersebar di Kabupaten Majene, Mamuju dan Pasangkayu selama 40 hari.

“Tiga Kabupaten Pasangkayu, Mamuju, Majene,” kata Abdul Kadir.

Terkait dengan biaya yang dibebankan kepada mahasiswa. ia menjelaskan hal tersebut telah sesuai dengan Pasal 9 ayat (1) huruf b Permenristekdikti Nomor 39 Tahun 2016 tentang BKT dan UKT.

Biaya pelaksanaan KKN tidak ditanggung Universitas, kecuali untuk mahasiswa penerima Bidikmisi.

Dana tersebut nantinya akan dialokasikan  diantaranya  Atribut, transportasi, honor pembimbing, konsumsi pada pembekalan, dan bantuan seminar di Lokasi KKN.

“Pada setiap pembekalan selalu disampaikan itu. Diantaranya itu adalah Atribut, transfortasi, honor pembimbing, konsumsi pada pembekalan, bantuan seminar di Desa dan lain-lain,” jelas Kadir.

Ia pun berharap nantinya agar mahasiswa menjaga nama baik keluarga, kampus, bekerjasama dengan baik masyarakat di Desa dimana ia ditempatkan.

Hingga saat ini pendaftaran peserta KKN 2019 telah dibuka disetiap Fakultas pada 22 Mei – 27 Mei 2019.

About the author

Irwan_Fisika
Aku menulis, maka aku ada. Satu goresan sejuta perubahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

Jalur Mandiri Unsulbar Dibuka Agustus

Foto : Rektorat Unsulbar Karakterunsulbar.com – Seleksi masuk