Jadwal PPKMB Unsulbar Tahun 2019 Belum Ada Kejelasan

Jadwal PPKMB Unsulbar Tahun 2019 Belum Ada Kejelasan

- in Kabar Kampus
551
0

Karakterunsulbar.com- Pada pekan terakhir tahapan Penerimaanahasiswa Baru (PMB) jalur Mandiri Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) jadwal Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Unsulbar belum jelas.

Hal ini diakui Kepala Biro Kemahasiswaan, Muslimin, ia mengatakan bahwa dirinya belum mengetahui kepastian jadwal PKKMB.

Tak hanya itu,  ia juga mengaku belum mengatehui pembentukan kepanitiaan yang nantinya akan menghendel PKKMB.

“Saya juga belum tahu apakah penitiannya sudah ada atau belum”, tuturnya saat dijumpai karakterunsulbar.com di Rektorat pada Senin, (29/072019).

Berdasarkan PPKMB tahun 2018 lalu, PKKMB dijadwalkan berlangsung pada 13 – 16 Agustus. Pada saat itu pihak panitia tidak membebankan biaya apapun kepada mahasiswa baru.

Untuk PKKMB tahun 2019, tentunya mahasiswa menginginkan untuk disamakan pada tahun 2018 yakni tidak dipungut biaya atau gratis.

Namun, hingga saat ini untuk kepastian jadwal, pembauaran, hingga kepanitiaan masih dalam tanya.

Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru

PKKMB merupakan wahana bagi pemimpin perguruan tinggi untuk memperkenalkan dan mempersiapkan mahasiswa baru dalam proses transisi menjadi mahasiswa.

Di dalamnya diisi dengan berbagai kegiatan yang terkait dengan penanaman wawasan kebangsaan/cinta tanah air/bela negara dan mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan kegiatan akademik, kegiatan kemahasiswaan serta kebijakan kampus sehingga dapat menjadi bekal untuk mendukung keberhasilan studinya di perguruan tinggi.

Pelaksanaan PKKMB tahun 2019 dilaksanakan dalam suasana merajut persatuan pasca pesta demokrasi. Harapannya pada pelaksanaan PKKMB ini calon mahasiswa diberikan pula bekal terkait persatuan dan penggunaan media sosial dengan arif dan bijak.

Pelaksanaan PKKMB merupakan tanggung jawab pimpinan perguruan tinggi, sedangkan unsur lainnya seperti dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa ikut membantu pelaksanaan kegiatan ini.

Oleh karenanya implementasi PKKMB perlu diperkuat dengan peraturan internal perguruan tinggi agar terhindar dari pelanggaran tata tertib, norma, etika, dan hukum.

Untuk jadwal pelaksanaan, Kemeristekdikti memberikan wewenanh kepada Perguruan Tinggi, namun pelaksanaan dapat digelar selama empat sampai tujuh hari yang dimulai pada pukul 07.00 dan berakhir maksimal pukul 17.00 waktu setempat.

Demikian aturan tentang PKKMB tahun 2019 Nomor B/636/B.B3/KM.00/2019  yang ditandatangi oleh Direktur Jenderal Kemenristekdi, Ismunandar tertanggal 24 Juli 2019 untuk dijadikan panduan bagi perguruan tinggi.

About the author

Irfan S
Menulislah untuk dikenang karena sebaik baik kenangan adalah tulisan bukan seorang mantan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

25 Mahasiswa Ikuti Dikdas Outdoor KSR-PMI Unsulbar

Foto: Suasana Dikdas VI KSR PMI Unsulbar Karakterunsulbar.com-