Paslon 02 Menangkan Pemilu Raya BEM Fekon

Paslon 02 Menangkan Pemilu Raya BEM Fekon

- in Kabar Kampus
164
0

Foto: Paslon 02, Muh. Iksan (Manajemen, 2016) dan Darmansyah (Akuntansi, 2016)

Karakterunsulbar.com- Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Ekonomi (Fekon), Universitas sulawesi Barat (Unsulbar) melangsungkan Pemilu Raya pada Senin, 09 September 2019 di halaman Dekanat Fekon, dan dimenangkan oleh Pasangan calon (Paslon) nomor urut 02 yakni Muh. Iksan (Manajemen 2016) dan Darmansyah (Akuntansi 2016).

Pemilu yang dilaksanakan mulai pukul 08:00 hingga pukul 15:00 Wita dilanjutkan dengan perhitungan suara hingga pukul 18:05. Dan diketahui Paslon 02 memperoleh 400 suara yang mengalahkan Paslon 01 yakni Fauzan Azima (Manajemen 2016) dan Reinhard (Akuntansi 2017) dengan perolehan suara 200. Serta Paslon 03 yaitu Muhammad Galib (Akuntansi 2017) dan Muh. Arip (Akuntansi 2017) yang memperoleh 157 suara. Dengan jumlah suara batal sebanyak enam.

Ditemui di lokasi pemilihan, ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Nurhayana (Manajemen, 2017) mengatakan, syarat pemilih dalam pemilu raya BEM Fekon adalah mahasiswa aktif yang tercatat dalam database mulai angkatan 2013 sampai 2019 dengan total 1600 mahasiswa.

“Selain itu, pemilih juga harus memperlihatkan Kartu Mahasiswa atau Kartu Rencana Studi (KRS),” tambahnya.

Dihubungi karakterunsulbar.com, Muh. Yuzril (Akuntansi 2017), selaku ketua panitia mengungkapkan, dari 1600 pemilih yang terdaftar, hanya 763 yang memberikan hak suaranya.

Dihubungi secara terpisah, Muh. Iksan, ketua BEM Fekon yang terpilih melalui pemilu merasa bersyukur, bahagia dan merasa hal tersebut merupakan bukti bahwa Fekon bersatu.

Dalam hal ini, Iksan juga berharap agar Fekon tetap solid dan kebersamaannya tetap dikembangkan lagi dalam kepengurusannya nanti.

“Mudah-mudahan Fekon kedepan bisa di puncak kejayaannya,” lanjut Iksan.

Muhammad Galib (Akuntansi 2017), calon ketua Paslon 03 menanggapi selisih suara yang cukup jauh menjelaskan bahwa diperlukan penggunaan strategi yang tepat dalam hal ini. Dan berharap ketua dan wakil ketua bisa mengemban amanah seluruh mahasiswa Fekon.

“Membawa BEM Fekon semakin eksis di dalam maupun di luar kampus,”

Foto: suasana pemungutan suara di pemilihan ketua BEM Fekon

Sebelum Pemilu Raya BEM Fekon

Sebelumnya, pihak panitia melaksanan Musyawarah Besar (Mubes) ke empat yang berlangsung selama tiga hari dengan enam kali pertemuan pada tanggal 29-31 Agustus. Sedangkan pendaftaran dan pengurusan berkas kelengkapan bakal calon di tanggal 01-02 September 2019.

Muh. Yuzril yang juga merupakan ketua panitia Mubes menuturkan, dalam Musyawarah tersebut disepakati beberapa hal yakni tata tertib mubes, AD/ART serta Kriteria bakal calon.

Adapun kriteria bakal calon ketua dan wakil ketua BEM Fekon adalah Mahasiswa Fekon yang sudah mengikuti pengkaderan tingkat Himpunan dibuktikan dengan sertifikat/surat keterangan, Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,00 dibuktikan dengan KHS akhir, Melampirkan sertifikat PKKMB, dan Tidak tergabung dikepanitiaan Mubes.

Serta, Pernah mengikuti mubes, Tidak menjabat sebagai ketua diorganisasi internal maupun eksternal Kampus, Memaparkan Visi dan Misi, dan Bagi calon ketua angkatan maksimal 2016, sedangkan wakil ketua minimal 2018.

Bagi calon ketua dan wakil ketua BEM Fekon yang memenuhi kriteria tersebut, diberi ruang untuk menyampaikan visi misi serta aspirasinya melalui debat kandidat yang mengusung tema “Menjadi Pemimpin Berkarakter sebagai Pendorong Perubahan” di pelataran kampus Ekonomi, hari Sabtu. (07/09)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

Unsulbar Launching Laboratorium Prodi Fisip

Foto: Rektor Akhsan saat meresmikan Launching Laboratorium Prodi