Tujuh Bulan Tak Ada Solusi dari Kampus, Presma – Wapresma Akhirnya Dilantik

Tujuh Bulan Tak Ada Solusi dari Kampus, Presma – Wapresma Akhirnya Dilantik

- in Kabar Kampus
600
0

Foto : Muhammad Iqsam -Irwan (Presma – Wapresma Unsulbar) saat pelantikan

Karakterunsulbar.com – Presiden dan wakil Presiden Mahasiswa (Presma – Wapresma) Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Sulawesi Barat (BEM-Unsulbar), Muhammad. Iqsam (Akuntansi 2015) dan Irwan (Pendidikan Fisika 2016) periode 2020 – 2021 dilantik pada Senin, 14 September 2020 di Gedung Assamalewuang.

Iqsam – Irwan dilantik setelah sebelumnya ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa (KPUM) memperoleh suara terbanyak yakni 1.240 suara dari 3.005 suara sah di Pemilu 25 Februari 2020 lalu.

Setelahnya, Iqsam -Irwan ditetapkan sebagai Presma – Wapresma terpilih oleh Steering Committee (SC) dengan Surat Keputusan nomor : 001/SC-BEM/USB/2020, 2 Maret 2020 lalu.

Namun, pasca penetapan, sejumlah mahasiswa memprotes penetapan Iqsam – Irwan sebagai Presma – Wapresma.

Berdasarkan informasi sebelumnya, Panitia Pengawas Pemilu, (Panwaslu) mengungkapkan tidak adanya laporan terkait dugaan kecurangan pemungutan suara secara resmi hingga selesainya pemungutan.

KPUM, Panwaslu, dan mahasiswa meminta solusi pihak universitas terkait polemik Presma -Wapresma namun tak menemui titik terang.

Dihubungi oleh karakterunsulbar.com, Iqsam mengungkapkan pelantikan dilaksanakan berdasarkan kesepakatan mahasiswa mengingat hingga tujuh bulan setelah penetapan, tidak ada kejelasan solusi dari pihak univeristas.

“Kami telah beberapa kali menghadap ke pihak universitas namun sama sekali tidak ada solusi yang diberikan,” jelasnya melalui pesan Whatsapp. (15/9)

Hal serupa juga diungkapkan Irwan dan menyangakan ketidaktegasan universitas dalam mengatasi polemik Presma setelah tujuh bulan terkatung-katung.

“Universitas seharusnya tegas dalam menyikapi permasalahan ini, pemilu telah berlalu 7 bulan dan sama sekali tidak ada solusi yang diberikan setelah banyak suara mahasiswa yang dikorbankan,” tulisnya. (15/9)

Dikonfirmasi kepada pihak universitas, hingga berita ini diterbitakan belum ada konfirmasi dari kampus.

Karakterunsulbar.com telah menghubungi Rektor Akhsan Djalaluddin namun belum memberikan tanggapan terkait hal tersebut.

Suasana pelantikan Presma -Wapresma Unsulbar di gedung Asamalewuang

Iqsam -Irwan pun dilantik berdasarkan Surat Keputusan (SK) pengurus BEM-U dengan nomor 001/SK/BEM-U/VII/2020 yang dibacakan oleh ketua Panitia Muh. Syahrul Ramadhan. AR (Hubungan Internasional, 2017).

Turut hadir dalam pelantikan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip), Dr. Burhanuddin, Wakil Dekan I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Dr. Sitti Sapiah, Mantan Presma Periode 2008 – 2009, Asmawi juga perwakilan dari Kapolres Majene.

Pelantikan dengan tema “Membangun Kerja Kolektif untuk Menjaga Independensi Serta Merawat Demokratisasi Kampus Unsulbar” dihadiri oleh mahasiswa Unsulbar baik dari BEM-Fakultas dan Himpunan Mahasiswa, perwakilan Organisasi Eksternal Kampus, juga tamu undangan dari universitas lain.

Pelantikan tersebut dilakukan dengan memenuhi standar protokol kesehatan serta dijaga ketat oleh petugas kepolisian.

Iqsam mengungkapkan, akan mengawal aspirasi mahasiswa, dan akan fokus melaksanakan pelantikan pengurus untuk menyusun dan merapatkan Program Kerja (Proker) nanti.

“Kami harus menyusun dan melantik struktur kepengusuran terlebih dahulu untuk merapatkan proker nanti,” Ungkapnya.

Iqsam juga mengungkapkan belum mendapatkan SK dari universitas, namun ia menjelaskan pelantikan Presma – Wapresma dilaksanakan atas keinginan bersama mahasiswa berdasarkan Ad/Art yang menyebutkan BEM-U bersifat independen.

“SK rektor belum ada, terkait hal itu kami serahkan ke pimpinan, namun akan tetap dikomunikasikan,” tambah Iqsam.

Mantan Presma Unsulbar periode 2008 -2009, Asmawi berharap, Presma – Wapresma tahun ini amanah dalam menjalankan tugasnya namun tetap menjaga karakter kemahasiswaannya.

“Mereka harus tetap menjaga independensi dan idealisme sebagai mahasiswa,” tuturnya saat ditemui usai melakukan sambutan di pelantikan Presma – Wapresma Unsulbar. (14/9)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

Menangkan Pemilihan, Paslon 02 Siap Eratkan Solidaritas Mahasiswa Hukum

Foto: Paslon 02 (Fitriani K – Ma’ruf) Laporan