Susun Renstra 2020-2024, Rektor Unsulbar Harap Semua Prodi Akreditasi Baik Sekali

Susun Renstra 2020-2024, Rektor Unsulbar Harap Semua Prodi Akreditasi Baik Sekali

- in Kabar Kampus
254
0

Foto : pembukaan Restra Unsulbar 2020-2024

Karakterunsulbar.com – Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) kembali menyusun Rencana Strategis (Renstra) 2020-2024 yang sebelumnya berakhir 2019 lalu, dipimpin oleh Rektor Akhsan Djalaluddin di hotel Villa Bogor Majene. Kamis, 15 Oktober 2020.

Rektor Akhsan dalam sambutannya mengaharapkan, dekan merampungkan dokumen seluruh prodi akhir tahun ini untuk reakreditasi 2021 nanti.

Saat ditemui, ia menjelaskan tiap fakultas harus meningkatkan Standar Operasional Prosedur (SOP) sebagai penunjang akreditasi.

“Itu kunci akreditasi jika semua sudah terstandar, karena sekarang akreditasi bukan hanya melihat pengadaan ruangan,” ujarnya.

Kepala Pusat Penjaminan Mutu, Irfan A. Palalloi menjelaskan, saat ini terdapat 7 Prodi yamg siap reakreditasi hingga awal 2021 nanti. Diantaranya Prodi Teknik Sipil, Hubungan Internasional yang saat ini sudah proses reakreditasi.

“Dua prodi ini tinggal menunggu hasil penilaian mengingat standar penilaian telah berubah ke kriteria sembilan,” jelasnya. (15/10)

Juga terdapat prodi Perikanan Tangkap, Peternakan, Pendidikan Matematika, dan Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Fisika, serta Pendidkan Biologi yang akan reakreditasi 2021 nanti.

Kegiatan yang dilaksanakan secara daring dan luring ini dihadiri oleh Dr. Rahmat Hasanuddin, S.E., M.Si selaku Pengarah Restra Unsulbar, Wakil Rektor Anwar Sulili dan Kepala Biro Akademik dan kemahasiswaan Abdul Latif Dollah, Dekan dari 8 fakultas Unsulbar beserta jajarannya.

Juga kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dan Penjaminan Mutu (LPPM dan PM), ketua Satuan pengawas Internal (SPI), dan keoala Sistem Penjaminan Mutu Internal, serta ketua Gugus Penjaminan Mutu (GPM).

Tim pembahasan dan penetapan Restra Unsulbar 2020-2021

Restra Unsulbar 2020-2024

Irfan menjelaskan, Restra Unsulbar merupakan acuan dan panduan seluruh aktivitas baik ditingkat rektorat sampai di tingkat fakultas untuk melaksanakan langkah dan program kerja sesuai visi dan misi Rektor Unsulbar periode 2019-2023.

“Jadi semua unit kerja beroperasi berdasarkan standar mutu yang sudah kami kerjakan,” ucapnya. (15/10)

Dalam rapat pembahasan Restra Unsulbar, terbagi menjadi tiga kelompok. Untuk kelompok pertama membahas Analisis Strenght, Weakness, Opportunities (SWOT) yang merupakan perencanaan strategi yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis.

Tim perumus untuk kelompok 1 yakni Sulmiyati, S.Pt., M.P, Asmawati, S. Kom., M.Pd, dan Muhammad Taufik Page, SKM., M.Kes, dengan pendamping Dekan Fakultas Pertanian dan Kehutanan (Fapertahut), Prof. Dr. Ir. Kaimuddin, M.Si

Kelompok 2 membahas tentang Visi Misi Tujuan Unsulbar dan Arah Strategi Unsulbar dengan tim perumus Suparjo Razasli Carong, S.Si., M.Sc, Eva Yuliani, M.Kep., Sp. Kep. An, dan Junaedi Yunding M.Kep., Sp. Kep. MB, yang didampingi Dekan Fakultas Ekonomi, Mujirin M. Yamin, S.E., MM.

Dan, kelompok 3 yang membahas Strategi Implementasi dengan tim perumus Heliawaty, S. Kom., M.Kom, Rahmawati, S.Si., M.Si, dan Indra, S.Kom., M.M. Dengan pendamping Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Dr. Abdullah Pandang, M.Pd.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

Calon Tunggal Terpilih Jadi Ketua Umum Unsulbar Shooting Club

Foto : dari kiri ketua USC periode 2019-2020