Di Masa Pandemi, Mahasiswa Teknik Semester 7 Berhasil Selesaikan Studi

Di Masa Pandemi, Mahasiswa Teknik Semester 7 Berhasil Selesaikan Studi

- in Kabar Kampus
1205
0

Foto : Muhammad Nur Ichsan bersama Pembimbing II (Muh. Fahmi Rustan, S.Kom.,M.T)

Karakteransulbar.com – Di tengah Pandemi COVID-19 yang mendera Indonesia sejak Maret 2020 lalu mengakibatkan sejumlah mahasiswa tingkat akhir di Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) merasa kesulitan menyelesaikan tugas akhirnya.

Namun, tidak demikian dengan Muhammad Nur Ichsan (Teknik Informatika, 2017) yang berhasil menyelesaikan studinya dengan waktu 3 Tahun 3 Bulan yakni di Semester 7 dengan IPK 3,91. Dan, telah Yudisium Selasa, 24 November 2020 di Fakultas Teknik Unsulbar.

Dari 329 mahasiswa, Ichsan menjadi salah satu yang akan mengikuti Wisuda bertahap Unsulbar 30 November nanti, dan menjadikannya calon Wisudawan tercepat tahun ini.

Dihubungi karakterunsulbar.com, Ichsan mengaku termotivasi oleh kakaknya yang juga berhasil menyelesaikan studinya pada semeter 7 di Universitas Negeri Padang (UNP).

Lebih lanjut Ichsan mengatakan bahwa sejak semester 3, ia selalu mengambil mata kuliah hingga batas maksimal atau sekitar 24 SKS, sehingga pada semester 7, Ichsan bisa fokus pada Skripsi.

Dalam hal ini, Ichsan merupakan mahasiswa penerima Bidikmisi yang menyelesaikan Proposalnya selama 2 Minggu dan Skripsi hanya dalam satu Bulan dengan judul “Prototype Sistem Monitoring Tangki Air Berbasis Internet Of Things Menggunakan NodeMCU ESP8266 Dan Sensor Ultrasonik”, tebal 69 halaman.

Ichsan juga mengungkapkan, batasan pandemi COVID-19 bukanlah sebuah alasan untuk tidak menyelesaikan studi dengan cepat. Juga menurutnya, di Majene kondisi tidak terlalu mengkhawatirkan namun tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“Saya selalu berusaha menghubungi dosen pembimbing secara daring maupun luring, “Ungkapnya. (24/11)

Mahasiswa yang lulus dengan predikat Pujian ini mengungkapkan bahwa do’a, niat, restu, dan semangat, serta dukungan dari berbagai pihak sangat penting dalam keberhasilan menyelesaikan studinya dengan cepat.

“Mau cepat selesai, usahakan IPK di atas 3.5 agar dapat full belanja 24 SKS,” pesannya melalui WhatsApp kepada karakterunsulbar.com. (24/11)

Menurut M. Rifai (Teknik Informatika, 2017) yang merupakan salah satu teman kelas Ichsan, menerangkan bahwa kelulusan Ichsan adalah sesuatu yang wajar karena Ichsan adalah mahasiswa yang tekun belajar, aktif dalam kelas dan memiliki pribadi yang disiplin.

“Dia itu wajar cepat selesai, tiap semester itu selalu belanja mata kuliah dan bisa dibilang full terus 24 SKS,” tulisnya. (24/11)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

Mahasiswa Teknik Unsulbar Salurkan Bantuan untuk NTT dan NTB

Foto : Penyaluran donasi di Desa Wairburak Kecamatan Adonara