Urusan Transfer Bank Jadi Penyebab Bantuan Pulsa 200 Ribu Tersendat

Urusan Transfer Bank Jadi Penyebab Bantuan Pulsa 200 Ribu Tersendat

- in Kabar Kampus
1907
0

Foto : Rektorat Unsulbar

Karakterunsulbar.com – Di penghujung akhir tahun 2020, mahasiswa penerima Bidikmisi kembali mempertanyakan bantuan kuota untuk mahasiswa melalui pemotongan UKT berdasarkan surat edaran nomor 221/UN55/IIK/2020 senilai Rp. 200.000,- yang aktif semester genap 2019/2020 lalu.

Pasalnya, pada rilis karakterusnulbar.com rektor Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar), Akhsan Djalaluddin menjelaskan bahwa bantuan tersebut akan diwujudkan dalam bentuk pemotongan UKT semester ganjil tahun 2020/2021.

Dan untuk Bidikmisi, bantuan akan ditransfer ke rekening mahasiswa nantinya. (22/9/2020)

Karenanya, banyak mahasiswa Bidikmisi yang kembali menyoalkan bantuan tersebut.

Salah satunya Dirham (Ilmu Hukum, 2017), yang telah beberapa kali menanyakan kejelasan bantuan tersebut kepada karakterunsulbar.com.

Ia mengungkapkan bahwa ia berharap banyak terhadap bantuan tersebut dikarekanan telah dijanjikan oleh universitas, mengingat mahasiswa penerima beasiswa nonbidikmisi juga mendapatkan pemotongan UKT terkait.

“Seandainya dari dulu pihak kampus tidak menjanjikan itu, saya sebagai mahasiswa tidak akan berharap banyak,” tulisnya melalui pesan WhatsApp. (29/12/2020)

Hal serupa juga diungkapkan Muhammad Fadli, (Akuntansi, 2017), ia menyampaikan sejak awal perkuliahan daring hingga kini mahasiswa masih terdampak Covid-19 dari aspek ekonomi.

Pun bantuan kuota dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk tiga bulan terakhir tidak didapatkan beberapa mahasiswa.

“Sehingga sangat diperlukan kerja sama pihak kampus agar menepati surat edaran tersebut agar mengurangi beban mahasiswa dari segi ekonomi,” harapnya. (29/12/2020)

Presiden Mahasiswa (Presma) terpilih Unsulbar 2020, Muhammad Iqsam (Ekonomi, 2015), menyampaikan, kampus mestinya memberikan kejelasan terkait teknis penyaluran bantuan Rp. 200.000,- itu.

“Berangkat dari kegelisahan teman-teman, persoalan ini akan saya kawal sampai adanya kejelasan dari kampus,” tegasnya saat dihubungi. (29/12/2020)

Tanggapan Unsulbar

Rektor Akhsan Djalaluddin

Dikonfirmasi kepada Rektor Akhsan bahwa penyaluran bantuan sedang dalam proses transfer dari rekening Universitas ke rekening mahasiswa.

“Sedang dalam proses kliring dari rekening BNI Universitas ke rekening BRI Mahasiswa,” tulisnya melalui pesan WhatsApp. (30/12/2020)

Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan, Abdul Latif Dollah menjelaskan, penyaluran bantuan masih dalam proses dikarenakan perbedaan Bank, sehingga perlu koordinasi antara Keuangan Unsulbar dengan Pengelola Bidikmisi, juga pihak BNI dan BRI.

“Bantuan ini sudah dibuatkan daftar mahasiswanya dengan masing-masing dana 200 ribu cuman UKT pengembalian dananya di BNI sedangkan rekening mahasiswa BRI,” jelasnya.

Kedua narasumber juga mengonfirmasi bahwa pihak BRI akan mentransfer dana 200 ribu tersebut ke rekening mahasiswa mulai 4 Januari 2021 nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

Mahasiswa Teknik Unsulbar Salurkan Bantuan untuk NTT dan NTB

Foto : Penyaluran donasi di Desa Wairburak Kecamatan Adonara