UKT 2021 Unsulbar Turun 50 Persen

UKT 2021 Unsulbar Turun 50 Persen

- in Kabar Kampus
1571
0

Foto : Rektorat Unsulbar

Penulis : Desi Afrianti Arnas (Ilmu Hukum, 2018)

Karakterunsulbar.com – Berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) Nomor 0015/UN55/HK/2021 tentang Kebijakan Penyesuaian Uang Kuliah Tunggal (UKT) Pada Masa Pandemi Covid-19, (17/06/2020) memberikan keringanan pembayaran UKT sebesar 50 persen untuk mahasiswa non Bidikmisi-KIP Kuliah.

Dalam surat keputusan tersebut, Universitas akan mengurangi 50 persen bagi setiap UKT mahasiswa non Bidikmisi-KIP Kuliah untuk semester genap tahun ajaran 2020-2021.

“UKT kita turunkan 50 persen sama dengan semester lalu, ” jelas Rektor Akhsan saat dikonfirmasi melalui whatsapp. (11/01)

Dengan ini, penurunan UKT diberikan kepada mahasiswa yang tidak menerima beasiswa apa pun baik itu jalur SNMPTN, SBMPTN dan jalur Mandiri, serta mahasiswa penerima beasiswa selain Bidikmisi-KIP Kuliah.

Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan, Abdul Latif Dolla menjelaskan ketika dihubungi, semester ini kampus tidak lagi memberikan subsidi kuota sebesar 200 ribu, berhubung kuota mahasiswa telah ditanggung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

“Tidak ada lagi subsidi kuota karena sudah diberikan oleh Dikti dikirimkan ke nomor handphone masing-masing mahasiswa,” jelasnya saat diwawancarai. (11/01)

Sebelumnya, berdasarkan konferensi video Sekretaris Jenderal Kemendikbud Ainun Naim menjelaskan, subsidi kuota Kemendikbud akan berlanjut lantaran sebagian sekolah dan perguruan tinggi masih melangsungkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di tengah pandemi Covid-19.

“Tahun 2021 alokasi kuota internet masih akan dilanjutkan. Namun tentu akan berusaha untuk menempuh dengan cara lebih baik,” kata Ainun Naim melalui konferensi video, Selasa (5/1). (Sumber : cnnindonesia.com)

Kepala Biro Abdul latif juga menambahkan, bahwa kebijakan ini diambil dengan mempertimbangkan kesulitan orang tua mahasiswa di masa pandemi Covid-19, sehingga untuk membantu mahasiswa Unsulbar agar tetap bisa melanjutkan kuliah adalah dengan meringankan pembayaran UKT ini dan kebijakan ini wajib dilaksanakan setiap fakultas Unsulbar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

Mahasiswa Teknik Unsulbar Salurkan Bantuan untuk NTT dan NTB

Foto : Penyaluran donasi di Desa Wairburak Kecamatan Adonara