Perikanan Unsulbar Ajari Masyarakat Budidaya Ikan Kerapu dan Kepiting di Karamba

Perikanan Unsulbar Ajari Masyarakat Budidaya Ikan Kerapu dan Kepiting di Karamba

- in Kabar Kampus
170
0

Foto : Suasana diskusi Budidaya Ikan Kerapu dan kepiting di Keramba

Karakterunsulbar.com – Melalui kegiatan Pengabdian Masyarakat, dua jurusan Perikanan yakni Prodi Akuakultur dan Perikanan Tangkap, Fakultas Peternakan dan Perikanan (Fapetkan), Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) gelar diskusi di Desa Mirring, Kecamatan Binuang, Kabupaten Polewali Mandar, Sabtu (20/2/2021).

Kegiatan yang bertema “Budidaya Ikan Kerapu dan Kepiting di Karamba” ini diikuti oleh 40 peserta yang tergabung dalam Kelompok Tani Hutan (KTH) Buttu Puang, Desa Mirring.

Koordinator Prodi Akuakultur Dr. Nur Indah Sari Arbit, S.Si.,M.Si menjelaskan, masyarakat Desa Mirring telah melakukan budidaya ikan Kerapu dan kepiting di karamba dengan bantuan Rumah Zakat.

Kemudian, ketua KTH Buttu Puang Muhiddin mengundang Jurusan Perikanan Unsulbar untuk mengadakan diskusi yang dikemas dalam kegiatan pengabdian tentang teknis pengelolaan.

“Bentuk kegiatannya adalah forum diskusi, dengan tujuan meningkatkan pengetahuan teknis bagi masyarakat yang telah melakukan budidaya ikan Kerapu dan kepiting di karamba,” tulisnya melalui pesan WhatsApp, (21/2).

Lebih lanjut ia mengungkapkan, Desa Mirring mempunyai potensi di budidaya tersebut, meski selama ini masyarakat hanya menangkap langsung kepiting di kawasan Mangrove desa dan ikan Kerapu di perairan.

“Dengan kegiatan ini, Rumah Zakat dan masyarakat mencoba untuk membudidayakan kepiting dan ikan sebagai bentuk konservasi untuk mempertahankan komoditasnya di alam.

Dalam diskusi dihadirkan dua pemateri dosen yakni, Firmansyah Bin Abd. Jabbar, S.Pi. M.Sc, dengan judul materi “Budidaya Ikan Kerapu di Karamba”, Saharuddin, S.Pi., M.Si, dengan judul materi “Budidaya Kepiting di Karamba”.

Indah Sari juga menyebutkan, akan memantau perkembangan budidaya tersebut yang berguna menjadi lokasi riset bagi dosen dan mahasiswa yang tertarik untuk topik terkait.

Turut hadir dalam kegiatan, Koordinator Pengabdian kepada Masyarakat (Abdimas) Jurusan Perikanan Fapetkan Unsulbar Takril, S.Pi., M.Si, Koordinator Prodi Perikanan Tangkap Muhammad Nur Ihsan, S.Pi.,M.Si, serta dosen diantaranya Reski Fitria, S.Pi.,M.Si, Dedy Putra Wahyudi, S.Pi.,M.Si, Muh. Ansar, S.Pi.,M.Si, dan Fajriani, S.Pi.,M.Si.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

Mahasiswa dan Dosen Keluhkan e-Learning, Universitas Beri Tanggapan

sumber foto : google.com Laporan : Reski Hasan