Diwarnai Walk Out, MUBES BEM FISIP Tuai Kritikan

Diwarnai Walk Out, MUBES BEM FISIP Tuai Kritikan

- in Kabar Kampus
517
0

Foto : Pembukaan MUBES BEM FISIP

Karakterunsulbar.com Sejumlah peserta Musyawarah Besar (MUBES) IV Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP), Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) lakukan Walk Out dari MUBES.

Sebelumnya, MUBES telah digelar sejak Rabu – Sabtu, 7 – 10 April 2021 di Tasha Center Majene.

Peserta Walk Out yang merupakan dari Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional (HIMAHI) dan Himpunan Mahasiswa Politik (HIMAPOL) tersebut menjelaskan alasan tindakan dan kritikan terhadap panitia MUBES.

Muh. Syahrul Ramadhan, AR (Hubungan Internasional, 2017) menjelaskan bahwa selama empat malam berjalannya MUBES FISIP ternyata menuai hasil yang merugikan bagi kader dan delegasi HMJ lingkup BEM FISIP.

Dimulai dari penggantian Steering Committee (SC) pada malam MUBES ke-2 yang sebelumnya oleh Andi Muh. Asrul Mawardi (Ilmu Hukum, 2016) menjadi Sulaeman (Ilmu Hukum, 2017) tanpa kesepakatan forum.

Hingga pengambilan keputusan sepihak oleh Pimpinan Sidang saat pembahasan Tata Tertib.

“Malam itu masih membahas Pasal 6 Tata Tertib namun tidak menuai hasil, Pimpinan sidang tanpa melalui musyawarah langsung mengambil keputusan,” jelasnya. Minggu, (11/4).

Dalam Pasal 6 disebutkan “Peserta MUBES IV BEM FISIP adalah semua kader BEM FISIP, undangan dan simpatisan”.

Syahrul mengungkapkan, undangan satu perwakilan per HMJ tidak logis dijadikan representatif dari seluruh mahasiswa di himpunan tersebut.

Ia juga mengkritik pemilihan ketua Abriawan Nugraha Putra (Hubungan Internasional, 2017) secara aklamasi yang hanya dilakukan dalam semalam bersamaan dengan pembahasan tata tertib dan ad/art.

“Seharusnya dilakukan pemilu raya untuk pemilihan ketua,” tegasnya.

Mantan ketua HIMAPOL, Munir (Ilmu Politik, 2016) juga menyayangkan tindakan SC diluar kesepakatan forum.

“Seharusnya keputusan dilakukan secara musyawarah mufakat sesuai agenda forum,” ujarnya. (11/4).

Tanggapan Panitia MUBES BEM FISIP

Tim karakterunsulbar.com telah mencoba menghubungi ketua BEM FISIP periode sebelumnya, Mardiwansyah (Ilmu Politik, 2016), namun hingga berita ini diterbitkan belum ada tanggapan.

Ketua Panitia, Nurul Hikmah (Hubungan Internasional, 2018) menjelaskan, tindakan Walk Out mahasiswa HIMAPOL dan HIMAHI belum diketahui apakah tindakan secara kelembagaan, mengingat hingga MUBES selesai masih ada beberapa mahasiswa dari HMJ tersebut terlibat dalam forum.

Terkait pergantian SC, Nurul menyampaikan bahwa peserta tetap melanjutkan forum setelah pergantiannya, dan membiarkan sidang dibuka dan melanjutkan pembahasan.

“Jika peserta sidang tidak setuju, seharusnya tidak membiarkan SC membuka dan melanjutkan sidang,” tulisnya. (11/4).

Sulaeman selaku SC pengganti mengatakan, dalam forum telah diberi opsi pengambilan keputusan kepada peserta apakah melalui jalur voting atau dientukan oleh pimpinan sidang, dan dipilihlah opsi kedua.

Namun, setelah melakukan pertimbangan, pengambilan keputusan pimpinan sidang ternyata dianggap tidak mengakomodir keinginan mereka sehingga berujung Walk Out.

“Saya tegaskan yang Walk Out hanya beberapa mahasiswa, dan saya rasa aksi tersebut bukan hal yang baru kita temui dalam persidangan seperti ini,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

Gedung Baru Diresmikan, Kuliah Tatap Muka Masih Dilema

Sumber foto : Humas Unsulbar Karakterunsulbar.com – Universitas