86 Mahasiswa dan Alumni Fapetkan Peroleh Sertifikat Kompetensi

86 Mahasiswa dan Alumni Fapetkan Peroleh Sertifikat Kompetensi

- in Kabar Kampus
315
0

Foto : penyerahan sertifikat kompetensi secara simbolis oleh Dekan Fapetkan

Karakterunsulbar.com – Fakultas Peternakan dan Perikanan (Fapetkan) menyerahkan sertifikat kompetensi bidang Peternakan dan Akuakultur ke 86 mahasiswa dan alumni. Rabu, (7/4/2021).

Sertifikat tersebut merupakan hasil uji kompetensi yang diikuti mahasiswa di Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Politeknik Pertanian Negeri (Politani) Pangkep, Sulawesi Selatan.

Dari 86 mahasiswa dan alumni, 29 mahasiswa Peternakan menerima sertifikat di bidang Formulator Pakan, 27 menerima sertifikat Supervisor Farm Unggas Petelur.

Serta 9 mahasiswa dan 11 alumni Akuakultur yang menerima sertifikat Kompetensi Bidang Pembenihan Udang Air Payau.

Penyerahan dilakukan setelah pembukaan sosialisasi Sertifikasi Kompetensi di Ruang Rapat Fapetkan, setelah sambutan Rektor Unsulbar, Dr.Ir.Akhsan Djalaluddin, MS, Dekan Fapetkan, Dr.Ir.Salmin, MP.

Dan dihadiri oleh wakil Dekan 1 Fapetkan, Dr. Tenriware, S.Pi.,M.Si, dan Ka.Prodi Peternakan, Dr.Nur Indah Sari, S.Si.,M.Si, Ka.Prodi Akuakultur, Dr.Setiawan Putra Syah, S.Pt.,M.Si.

Foto bersama Dekan dan jajarannya bersama mahasiswa sosialisasi

Sosialisasi yang dilakukan virtual dan langsung ini menghadirkan pemateri dari Badan Nasional Sertfikasi Profesi (BNSP), Miftakul Aziz, M.H, yang membahas terkait “Peningkatan Daya Saing Lulusan Melalui Sertifikasi Kompetensi menghadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0”.

Wakil Dekan Tenriware menjelaskan, ijazah dan sertifikat Kompetensi yang diperoleh mahasiswa bermakna sama dengan Surat Keterangan Tanda Ijazah untuk memudahkan mendapatkan pekerjaan.

“Perusahaan saat ini enggan menerima pekerja tanpa sertifikat dan tidak berkompeten, karenanya semoga dengan adanya ini mahasiswa lebih gampang direkrut oleh perusahaan,” jelasnya saat ditemui usai sosialisasi. (7/4).

Terkait kerja sama sertifikasi kompetensi yang dilakukan Unsulbar bersama LSP Politani Pangkep, Tenriware menyampaikan bahwa kerja sama tersebut sebagai perwujudkan ikatan emosional diantara keduanya.

“Kami dapat informasi bahwa LSP Politani Pangkep mengerjakan proyek dan meminta Unsulbar melengkapi kuota untuk uji kompetensi,” ujarnya.

Karena itu, untuk menindaklanjuti kedepannya, ia berharap universitas bisa mendirikan Tempat Uji Kompetensi (TUK).

Untuk syarat uji kompetensi, mahasiswa diharapkan telah melalui mata kuliah bersangkutan sebelum melakukan ujian.

“Untuk syarat mendetail saya belum paham, tapi tentu mahasiswa harus menyelesaikan dulu mata kuliah yang akan diujikan, biasanya di semester 5 untuk mata kuliah pokok,” tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

Gedung Baru Diresmikan, Kuliah Tatap Muka Masih Dilema

Sumber foto : Humas Unsulbar Karakterunsulbar.com – Universitas