Rektor Pertama Unsulbar Meninggal Dunia

Rektor Pertama Unsulbar Meninggal Dunia

- in Kabar Kampus
1343
0

Foto : Almarhum Prof Muin Liwa (sumber: goggle.com)

Karakterunsulbar.com – Rektor pertama Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar), Prof Muin Liwa meninggal dunia. Ia menghembuskan nafas terakhir di rumah kediamannya, pukul 11.00 WITA di Lutang, Desa Alu, Kecamatan Alu, Polewali Mandar, Sabtu (29/05/2021).

Almarhum merupakan rektor saat Unsulbar masih berstatus sebagai yayasan sebelum digantikan oleh Dr. Akhsan Djalaluddin, M.S, setelah berubah status menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN), 13 Mei 2013.

Dikonfirmasi secara terpisah, Rektor Akhsan membenarkan perihal meninggalnya Prof. Muin Liwa yang juga merupakan tokoh pejuang pendiri Provinsi Sulawesi Barat.

Rektor Akhsan merasa sangat kehilangan, mengenang sosoknya sebagai pemimpin bijaksana, penyabar, santun dan penuh perhatian kepada staf sekalipun. Terlebih jika mengenang jasanya sewaktu perjuangan mendirikan Unsulbar.

“Beliau adalah rektor pertama Unsulbar, jasanya kepada Unsulbar kita selalu kenang, terutama ketika bersama-sama berjuang mendirikan Unsulbar,” tutur Akhsan, (29/05).

Duka cita mendalam juga disampaikan Syarir Hamdani, dosen senior Unsulbar yang juga merupakan salah satu tokoh pembentukan Sulbar.

Ia mengungkapkan bahwa Prof Muin Liwa adalah seorang konseptor yang sangat bijak, juga sosok disiplin.

Syarir menambahkan, Almarhum merupakan salah satu putra daerah asli Mandar yang gelisah melihat daerahnya tertinggal.

Terbukti dengan perjuangannya untuk pembentukan Sulbar termasuk dengan pendirian Unsulbar yang diharapkan dapat mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) untuk membangun Sulbar.

“Beliau ini adalah sosok konseptor, salah satu orang Sulbar mandar yang gelisah dengan kondisi daerahnya yang terbelakang. Hal itu memotivasi saya sehingga mau terlibat pembentukan Unsulbar,” kenang Syarir, (29/05).

Hal serupa juga dirasakan oleh Umar Sahaf, dosen Unsulbar yang pernah bersama dengan beliau. Umar menyampaikan, Prof Muin Liwa adalah sosok pemimpin yang berintegritas, semangat dan tidak pernah marah.

Prof Muin Liwa wafat di umur 79 tahun, lahir 11 Desember 1942 – wafat, 29 Mei 2021 dan meninggalkan 3 orang anak.

Akibat meninggalnya Almarhum ditengarai faktor umur dikarenakan tidak ada riwayat penyakit yang signifikan.

Luar biasanya, dengan kondisi yang kurang sehat dan berumur, Almarhum tetap sering lakukan perjalanan Makassar-Jakarta untuk mengurus pendidikan di Sulbar.

“Sudah lama beliau sakit, namun beliau itu tetap semangat bolak balik mengurus pendidikan di Sulawesi Barat,” terang Umar, (29/05).

Rektor Akhsan menambahkan, ia berdoa semoga keluarga yang ditinggalkan tabah menerima cobaan.

“Selamat jalan, jasamu di Unsulbar akan kita kenang selalu,” tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

Unsulbar Terima 1.564 Calon Mahasiswa Jalur SBMPTN, Cek Cara Registrasi Ulang

Foto : Lab Terpadu Unsulbar Penulis : Desi