Marak Penipuan Modus KIP Kuliah, Ka Biro Akademik Beri Tanggapan

Marak Penipuan Modus KIP Kuliah, Ka Biro Akademik Beri Tanggapan

- in Kabar Kampus
573
0

Foto : Ka. Biro Akademik (Abdul Latif Dolla)

karakterunsukbar.com – Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) memberikan tanggapan terkait dengan oknum yang mengatasnamakan staf meminta biaya pengurusan KIP-Kuliah dan bantuan korban gempa kepada mahasiswa, Senin, (7/6/2021).

Hal ini disampaikan Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan, Abdul Latif Dolla setelah berkoordinasi dengan Rektor Unsulbar, Dr. Akhsan Djalaluddin, bahwa oknum yang mengatasnamakan staf Unsulbar yang menghubungi mahasiswa dan meminta uang untuk biaya pengurusan KIP- Kuliah adalah penipuan.

“Terkait ada oknum diluar mengatasnamakan pak Rektor dan Kepala Biro yang menghubungi mahasiswa meminta uang transfer untuk pengurusan KIP Kuliah dan bantuan korban gempa tidak benar,” jelas Latif Dolla saat ditemui di Rektorat. (7/6)

Ia mengimbau kepada mahasiswa, apabila mendapat telepon atau sms yang meminta nomor rekening orang tua, pribadi atau data lainnya agar tidak ditanggapi, terlebih jika sudah meminta uang.

Lanjut Latif Dolla menjelaskan, terkait dengan proses pengurusan KIP-Kuliah saat ini tidak ada pengutan biaya sama sekali.

“Tidak ada yang namanya pungutan-pungutan biaya,” terangnya.

Juga Rektor Akhsan telah mengeluarkan surat edaran Unsulbar Nomor :0888/UN55/KM/2021 tentang Peringatan Adanya Penipuan Mengatasnamakan Pejabat Unsulbar, 7 Juni 2021.

Dengan bunyi poin 1 surat edaran, “Terkait laporan mahasiswa tentang adanya telepon/sms kepada mahasiswa yang mengatasnamakan pejabat/orang yang mengurus beasiswa/bantuan, kami mempertegas kembali dalam mekanisme pengurusan beasiswa/bantuan pihak Universitas Sulawesi Barat tidak pernah meminta sejumlah uang sebagai syarat administrasi penerimaan beasiswa/bantuan kepada mahasiswa/calon mahasiswa”.

Menurut keterangan seorang mahasiswi, Gita Ayupratiwi, (Gizi, 2020), yang mendapat telpon dan pesan teks dari oknum tidak bertanggung jawab itu, ia dihubungi dengan nomor kontak +62 823-1046-9421, sekitar pukul 19.00 WITA.

“Katanya dari Rektorat, saya dapat bantuan 4 juta dan diminta transfer uang pengurusannya,” jelas Gita, (7/6).

Dari penelusuran tim Karakter Unsulbar, oknum tersebut menggunakan dua nomor telepon, +62 823-1046-9421 dan +62 823-1046-9641 dengan beberapa modus penipuan.

  1. Mengaku sebagai staf Unsulbar lalu meminta nomor rekening orang tua dan biaya pengurusan beasiswa KIP-Kuliah.
  2. Mengaku sebagai utusan Rektor Akhsan Djalaluddin dan menyampaikan mahasiswa mendapatkan bantuan Covid-19 senilai 4 juta dan meminta uang transfer biaya pengurusannya.
  3. Mengaku sebagai Ka. Biro Akademik dan Kemahasiswaan, Abdul Latif Dolla dan menyampaikan bahwa mahasiswa mendapatkan bantuan korban gempa dan meminta uang transfer biaya pengurusannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

Unsulbar Terima 1.564 Calon Mahasiswa Jalur SBMPTN, Cek Cara Registrasi Ulang

Foto : Lab Terpadu Unsulbar Penulis : Desi