Menuju PTN, Universitas Andi Djemma Palopo Belajar ke Unsulbar

Menuju PTN, Universitas Andi Djemma Palopo Belajar ke Unsulbar

- in Kabar Kampus
397
0

Foto : Saat Unanda Palopo berkunjung ke Unsulbar

Karakterunsulbar.com – Universitas Andi Djemma (Unanda) Palopo mendatangi Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) dalam rangka percepatan dan persiapannya menuju Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Rabu, (9/6/2021).

Rektor Unanda, Dr. Marsus Suti, M.Kes, yang memimpin rombongan menyampaikan, kedatangan mereka untuk belajar karena kekagumannya melihat perkembangan Unsulbar yang masih tergolong Perguruan Tinggi Negeri Baru (PTNB).

“Semua perguruan tinggi itu bersaudara jadi kami datang silaturahmi dan belajar,” tambah Marsus, (9/6).

Ia bercerita, awalnya Unanda dan Unsulbar akan diPTN-kan bersama, namun Unanda ditakdirkan terlambat dan Unsulbar 7 tahun lebih cepat.

Selain itu, Rektor Marsus pun mengungkapkan kekagumannya setelah mengunjungi beberapa titik ruang perkuliahan dan Laboratorium Terpadu.

Ia kagum dengan fasilitas Lab Terpadu, lahan kampus yang sangat luas, dan beberapa gedung besar yang sementara proses pembangunan serta pemandangan yang indah.

“Lima tahun kedepan Unsulbar akan menjadi PTN besar dan maju,” ujarnya.

Lalu kedepannya akan bekerja sama dalam Tri Dharma perguruan tinggi seperti proses belajar mengajar, penelitian dan pengabdian masyarakat.

“Tentu karena lebih dulu negeri kami akan belajar ke Unsulbar, kalau Undana sudah negeri kami akan datang kembali dengan tim lebih banyak untuk studi banding,” terangnya.

Unanda sendiri sejak tahun 2011 telah merencanakan proses penegrian dengan memenuhi segala syarat dan prosedur seperti menyerahkan aset.

Namun, saat ini masih terkendala oleh moratorium sejak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono hingga Presiden Joko Widodo.

Setelah moratorium, Unanda disebut sementara menunggu pengesahan dari presiden.

Sementara itu, Wakil Rektor I Unsulbar, Dr. Ir. Zulfajri Basri Hasanuddin, M.Eng, yang menerima rombongan tersebut menyampaikan dukungan sesama perguruan tinggi.

“Tentu sesama perguruan tinggi harus saling mendukung, berbagi pengalaman dan juga memperlihatkan capaian Unsulbar hingga saat ini,” terangnya, (9/6).

Zulfajri pun mengenang proses penegrian Unsulbar yang sangat berat dan tidak lepas dari pendirian Provinsi Sulawesi Barat.

“Dulu Unsulbar semuanya serba pinjam, ruang-ruang kelas dari Pemda, Alhamdulilah sekarang sudah jauh lebih baik,” ucapnya dengan nada syukur.

Unsulbar juga berbagi pengalaman bagaimana menata Sumber Daya Manusia (SDM) dosen di proses peralihan pasca negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

Unsulbar Terima 1.564 Calon Mahasiswa Jalur SBMPTN, Cek Cara Registrasi Ulang

Foto : Lab Terpadu Unsulbar Penulis : Desi