Unsulbar Usulkan Prodi Kedokteran ke Kemenkes

Unsulbar Usulkan Prodi Kedokteran ke Kemenkes

- in Kabar Kampus
431
0

Foto : pertemuan Rektor Akhsan bersama Gubernur Sulbar dengan Dirjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes

Karakterunsulbar.com – Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) mengusulkan pendirian Program Studi (Prodi) Ilmu Kedokteran ke Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), (9/6/2021).

Usulan tersebut disampaikan saat Rektor Unsulbar, Akhsan Djalaluddin mendampingi Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar menemui Dirjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes, Abdul Kadir, Rabu (9/6/21) di gedung Kemenkes, Jakarta.

Sebelum diusulkan ke Kemenkes, Rektor Akhsan bersama Gubernur Ali Baal telah membahas rencana tersebut. Keduanya sepakat adanya prodi kedokteran di Unsulbar dan diteruskan ke Kemenkes.

Gubernur Ali Baal juga mengusulkan peningkatan status kelas Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Majene menjadi RS Rujukan agar statusnya meningkat ke Tipe B. Sebab, RS Tipe B merupakan salah satu fasilitas penunjang pembentukan prodi kedokteran di kota kampus itu berada.

Rektor Akhsan menjelaskan, saat ini Unsulbar tengah konsolidasi pembentukan tim kerja Unsulbar dan tim kerja Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (Unhas) sebagai pembina untuk mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan.

“Yang menguntungkan kita sudah punya Fakultas Ilmu Kesehatan sebagai rumahnya, jadi tidak perlu dirikan Fakultas Kedokteran,” tulisnya melalui pesan WhastApp, saat dihubungi Karakter, (9/6/21)

Ia juga menyebutkan, jika prodi kedokteran telah dibentuk, Kemenkes akan menyediakan beasiswa untuk mahasiswa Ilmu Kedokteran nantinya.

Sementara, Wakil Rektor II Unsulbar Anwar Sulili yang juga turut hadir dalam pengusulan prodi kedokteran di Jakarta berharap, dalam waktu dekat Unsulbar segera membentuk tim penyusun borang usulan prodi tersebut.

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat kita segera bentuk tim penyusun borang bekerja sama dengan Unhas,” harapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

Unsulbar Terima 1.564 Calon Mahasiswa Jalur SBMPTN, Cek Cara Registrasi Ulang

Foto : Lab Terpadu Unsulbar Penulis : Desi