Ikuti Upacara Sumpah Pemuda di Jakarta, Mahasiswa Unsulbar Perkenalkan Lipa Saqbe

Ikuti Upacara Sumpah Pemuda di Jakarta, Mahasiswa Unsulbar Perkenalkan Lipa Saqbe

- in Kabar Kampus
953
0

Foto : Mahasiswa Unsulbar saat menghadiri upacara peringatan Sumpah Pemuda (Dian Niswati dan Sitti Nadira)

Karakterunsulbar.com – Dua mahasiswa Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) mengikuti langsung upacara peringatan hari Sumpah Pemuda di kompleks Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Kamis, 28 Oktober 2021.

Mereka adalah Dian Niswati (Teknik Informatika, 2018), dan Sitti Nadirah (Teknik Informatika, 2018). Keduanya terpilih mewakili Unsulbar setelah universitas mendapatkan undangan resmi dari Kemedikbud Ristek.

Dian menjelaskan, dalam upacara peringatan Sumpah Pemuda, ia memperkenalkan budaya Mandar dengan mengenakan Lipa Saqbe warna hitam saat upacara.

“Sebagai delegasi kampus, kami memperkenalkan budaya mandar dengan menggunakan pakean mandar Lipa Saqbe,” jelas Dian, (28/10).

Ia menambahkan bahwa setelah upacara, mereka juga mengikuti juga mengikuti Talk Show yang dihadiri langsung oleh Menteri Kemendikbud Ristek, Nadiem Makarim.

Selain Lipa Saqbe, Dian dan Nadirah juga mengenakan aksesoris khas wanita Mandar seperti hiasan sanggul yang dikenal dengan istilah gal, dan anting atau dali.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Nadiem Makarim) saat memimpin upacara Sumpah Pemuda

Secara terpisah, Wakil Rektor I Unsulbar, Dr. Ir. Zulfajri Basri Hasanuddin, M.Eng, merasa senang dan bangga atas kesempatan yang diberikan pada mahasiswa Unsulbar untuk mengikuti langsung upacara Sumpah Pemuda di Jakarta.

“Ya senang dan banggalah tentunya, dua mahasiswa kita mendapatkan kehormatan diundang ke Jakarta mengikuti upacara Sumpah Pemuda,” terang Zulfajri saat dihubungi, (28/10).

Zulfajri berharap, mahasiswa Unsulbar terus berpartisipasi di kegiatan program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM), sehingga universitas terus dilibatkan langsung oleh Kemdikbud Ristek dalam kegiatan Kementrian. Dan tentu, agar semua mahasiswa Unsulbar terus meningkatkan prestasinya.

“Harapan kita tentunya, mahasiswa Unsulbar terus berpartisiiasi dikegiatan Kementerian,” harap Zulfajri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

Wisuda Pertama di Kampus Padha-Padhang

Foto : Pelaksanaan program wisuda IX Tahun 2021