Kerjasama BNPB – Unsulbar Pasca Gempa Dapat Meningkatkan Akreditasi Kampus

Kerjasama BNPB – Unsulbar Pasca Gempa Dapat Meningkatkan Akreditasi Kampus

- in Kabar Kampus
131
0

Foto: Rektor Akhsan saat menghadiri Rakornas

Karakterunsulbar.com – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menggandeng Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) bekerja sama melakukan pendampingan dan pemberdayaan masyarakat pasca Gempa.

Proyek kerjasama tersebut akan melibatkan sejumlah dosen berlatar belakang Ekonomi, dan Sosial. Bidang ekonomi diketua Dr. Wahyu Maulid Adha dan bidang sosial diketuai Nurlela Tasrif, SP, M.Si

Rektor Unsulbar, Dr. Akhsan Djalaluddin menjelaskan kegiatan ini merupakan pengabdian masyarakat atas kepercayaan dari pemerintah pusat ke Unsulbar.

Nantinya program ini akan menyasar pemulihan ekonomi dan sosial masyarakat korban gempa tepatnya di Tapalang, Kabupaten Mamuju.

Dan tentu akan berdampak positif terhadap kampus termasuk akreditasi kampus melalui peningkatan pengabdian masyarakat oleh dosen.

Program ini akan dilakukan pemberian bantuan kepada Usaha Mikro Kelas Menangah (UMKM) yang terdampak gempa berupa barang dan pengaktifan posyandu.

Rektor Akhsan berharap, dengan adanya kegiatan ini dapat membantu ekonomi masyarakat semakin membaik dan fasilitas publik seperti posyandu bisa kembali difungsikan.

Dan juga pengabdian masyarakat dosen semakin meningkat. Sehingga keberadaan Unsulbar semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Sulbar.

“Semoga ekonomi masyarakat semakin membaik dan fasilitas publik seperti posyandu bisa kembali digunakan,” jelas Rektor Akhsan kepada karakterunsulbar.com Sabtu (16/4/2022).

Lebih lanjut, ketua bidang ekonomi Dr. Wahyu Maulid Adha menjelaskan kegiatan ini dilaksanakan mulai 14 april-10 oktober 2022.

Bentuknya berupa pembinaan kepada kelompok masyarakat atau usaha dan nantinya akan diberikan stimulan berupa peralatan untuk mendukung kegiatan usahanya.

“Bantuan peralatan untuk mendukung kegiatan usaha masyarakat. Nilai stimulan totalnya sebesar 250 juta,” jelas Wahyu.

Sementara itu, menurut pengarah kegiatan, Afriansyah, ST,MT, total nilai anggaran kerjasama BNPB dengan Unsulbar mencapai Rp 1,1 Miliar.

Afriansyah yang juga dosen Teknik Unsulbar tersebut mengatakan, keberhasilan Unsulbar mendapat kepercayaan dari lembaga pusat juga menjadi poin positif yang diharapkan dapat berlanjut pada kegiatan lainnya.

“Kepercayaan ini semoga nanti bisa berlanjut,” jelas Afriansyah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

Unsulbar Gelar Wisuda 25 Mei 2022 Mendatang

Foto: Pelaksanaan Program Wisuda IX Periode I Tahun