Insiden Penurunan Bendera, Empat Mahasiswa Unsulbar Sampaikan Permohonan Maaf

Insiden Penurunan Bendera, Empat Mahasiswa Unsulbar Sampaikan Permohonan Maaf

- in Kabar Kampus
181
0

Foto : Mahasiswa Unsulbar tersangka penurunan bendera 

Karakterunsulbar.com – Empat mahasiswa Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) sampaikan permohonan maaf atas Insiden penurunan bendera di halaman Kantor Bupati Majene pada aksi demonstrasi 23 Mei 2022 lalu yang tergabung dalam Aliansi Organda Bersatu

Mereka ialah Fauzan Azima (Manajemen, 2017), Nurasuli (Teknik Informatika, 2021), Akram Efendi (Teknik Sipil, 2021) dan Jabal Nur (Ilmu hukum, 2021).

Melalui video pendek, Kordinator Lapangan, Fauzan Azima menyampaikan permohonan maaf sebesar-besarnya atas tindakan yang telah dilakukan yang dianggap mencederai dan menodai lambang negara Indonesia dalam hal ini bendera merah putih.

“Kami menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya,” jelas Fauzan.

Menurutnya kejadian itu terjadi secara spontan akibat emosi yang meningkat. Dan sejak awal tidak ada niat untuk mencederai dan menodai simbol negara.

Jabal Nur (Ilmu Hukum, 2021) menambahkan, mereka sangat menyesali atas tindakan yang telah dilakukan dan berjanji tidak akan mengulangi

“Kami menyampaikan permohonan maaf sedalam-dalamnya kepada seluruh masyarakat Indonesia,” jelas Jabal Nur

Sebelumnya, insiden penurunan bendera merah putih terjadi di halaman Kantor Bupati Majene pada saat Aliansi Organda Bersatu melakukan aksi demonstrasi akibat pernyataan Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Majene, Rusbi Hamid dan Kasatpol PP Kabupaten Majene Zaenal Arifin yang dianggap melecehkan Organda.

Atas kejadian tersebut Senin, 30 Mei 2022 Kapolres Kabupaten Majene melalui komprensi pers menyampaikan penetapan empat mahasiswa Unsulbar sebagai tersangka, diduga melanggar Pasal 66 Juncto Pasal 24 Huruf a UU RI Nomor 24 Tahun 2009, tentang Bendera, Bahasa dan Lambang Negara serta lagu Kebangsaan Juncto Pasal 55 Ayat (1) Ke-1 KUHP.

Hingga saat ini empat mahasiswa Unsulbar tersebut telah dilakukan penangguhan penahanan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

Darurat Sampah, Kedaireka Matching Fund Unsulbar Adakan Pelatihan Teknik Pengelolaan Sampah

Foto : suasana pelatihan pengelolaan sampah Penulis :