Dosen Unsulbar Dian Fitri Sabrina Jadi Lulusan Doktor Terbaik Universitas Airlangga

Dosen Unsulbar Dian Fitri Sabrina Jadi Lulusan Doktor Terbaik Universitas Airlangga

- in Kampusiana
921
0

Foto : Dian Fitri Sabrina

Penulis : Syahril

Karakterunsulbar.com – Dosen Ilmu Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip), Unsulbar Dian Fitri Sabrina, SH.,MH berhasil menjadi lulusan terbaik dalam Program Doktoral Ilmu Hukum, Universitas Airlangga (Unair), Surabaya.

Ia juga alumni berhasil meraih gelar doktoral dengan menjadi lulusan terbaik Universitas Airlangga (Unair), Surabaya pada Jumat, 24 Juni 2022.

Alumni mahasiswa Unsulbar, 2015 ini menyelesaikan pendidikan doktornya dengan mengangkat topik disertasi Presidential Threshold.

Disertasinya tentang syarat ambang batas pencalonan diri Presiden dan Wakil Presiden pada Pemilu.

Ia menjelaskan, disertasinya tersebut dilatarbelakangi atas berlakunya Pasal 222 UU Pemilu yang memberikan batasan terhadap partai politik dalam pencalonan Presiden, dianggap pengaturan ambang batas tersebut tidak diimbangi dengan dasar teori dan konsep yang jelas.

“Pengaturan ini berpotensi menghilangkan hak minoritas partai politik serta hak rakyat dalam menentukan calonnya dalam pemilihan Presiden,” terangnya, (25/6).

Oleh karenanya, Dian menganggap bahwa model pengaturan ambang batas minimum pencalonan Presiden melanggar norma Pasal 6A Ayat (2) UUD NRI 1945, juga tidak relevan dengan sistem pemilihan umum serentak.

Idealnya, Pemerintah membuka peluang seluas-luasnya kepada partai politik dalam menentukan secara mandiri calon Presidennya selama partai politik itu dinyatakan lolos verifikasi KPU.

Dian Fitri Sabrina pun mengungkapkan kesyukurannya atas gelar yang ia peroleh setelah menempuh pendidikan Strata 3 (S3) selama tiga tahun tujuh bulan sejak 2018 lalu di Unair.

Ia juga berpesan agar mahasiswa Unsulbar selalu berusaha dan rajin beribadah untuk meraih cita-cita kuliah hingga ke jenjang yang lebih tinggi.

“Tidak ada yang tidak mungkin, selama kita berusaha dan yakin bahwa Allah SWT tahu niat baik hambanya,” tulis dosen Prodi Ilmu Hukum Unsulbar itu saat dihubungi via WhatsApp, (25/6).

Sosok Dian Fitri Sabrina

Dian Fitri Sabrina adalah alumni Prodi Ilmu Hukum Unsulbar, 2015.

Ia merupakan wisudawati terbaik dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,99.

Sebagai tugas akhir atau skripsi, alumni SMAN 1 Wonomulyo tersebut meneliti terkait Persoalan Pemilihan Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) karena strategisnya posisi pimpinan MK di era reformasi.

Untuk penelitiannya, Dian secara langsung melakukan penelitian di Kantor Mahkamah Konstitusi selama tiga bulan dan berkesempatan mewawancarai Hamdan Zoelva yang kala itu masih menjabat sebagai Ketua MK.

Setelah menyelesaikan S1 nya di Unsulbar, Dian melanjutkan pendidikan Magister (S2) ke Universitas Airlangga (Unair) Surabaya pada tahun 2015 dan berhasil menyelesaikan studinya S2 pada tahun 2016.

Sumber : website fh.unair.ac.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

Dosen Unsulbar Latih Warga Desa Betteng Olah Nanas

Dosen Unsulbar bersama warga Desa Betteng saat Pelatihan