Darurat Sampah, Kedaireka Matching Fund Unsulbar Adakan Pelatihan Teknik Pengelolaan Sampah

Darurat Sampah, Kedaireka Matching Fund Unsulbar Adakan Pelatihan Teknik Pengelolaan Sampah

- in Kabar Kampus
50
0

Foto : suasana pelatihan pengelolaan sampah

Penulis : Indah

Karakterunsulbar.com – Tim Kedaireka Matching Fund Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) bersama Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) pemerintah Kabupaten Polewali Mandar telah melaksanakan pelatihan teknik pengelolaan sampah pada masyarakat Desa Mammi dan Desa Sumberjo di Kabupaten Polewali Mandar. Kamis (10/11/2022).

Kedaireka Matching Fund diketuai oleh Mufti Hatur Rahmah, S.Si., M.Si., dosen prodi Pendidikan Biologi Universitas Sulawesi Barat dan anggotanya terdiri dari Muhammad Nasir Badu, Ph.D, Faradillah Farid Karim, S.Si., M.Si., Gerard Antonini Duma, ST., MT., Ir.Sugiarto Cokrowibowo, S,Si., MT., Dr. Enny Radjab, MAB, Nuralamsah Zulkarnaim, S.Kom., M.Kom., Anggit Priadmodjo, M.Sc. yang berkolaborasi dengan beberapa Perguruan Tinggi yaitu Universitas Hasanuddin dan Politeknik Negeri Ujung Pandang.

Pada pelatihan teknik ini, dilakukan edukasi Bersih Mandiri untuk masyarakat Desa Mammi dan Desa Sumberjo berdasarkan prinsip Participation Based Community Empowerment (PBCE).

Bentuk partisipasi masyarakat pada pelatihan ini adalah pengelolaan sampah rumah tangga secara mandiri dan berkelanjutan serta menghasilkan produk yang bernilai ekonomi.

Nasir Badu mengungkapkan, pelatihan teknik ini terdiri dari kegiatan presentasi, diskusi interaktif, pembentukan tim Pengelola Desa Percontohan, dan evaluasi.

“Kegiatan ini diselenggarakan dengan tahap training of trainers,” jelasnya.

Mufti Hatur Rahmah selaku ketua Kedaireka Matching Fund menyampaikan bahwa tujuan diselenggarakannya Pelatihan Bersih Mandiri PBCE adalah meningkatkan kesadaran peduli lingkungan di masyarakat dan memberikan edukasi terkait bentuk partisipasi yang dapat dilakukan oleh masyarakat dalam memanfaatkan sampah.

“Agar masyarakat di desa Mammi dan desa Sumberjo dapat memahami dan mengelola perilaku bersih mandiri dan mendapatkan manfaat ekonomi dari pengelolaan sampah mereka sendiri,” jelas Mufti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

Tekan Kejadian Stunting, PKMS DIPA Unsulbar Adakan pengabdian Kepada Masyarakat

Foto : sosialisasi PKMS DIPA terkait Stunting pada