Visitasi BAN-PT, Prodi Budidaya Perairan Fapetkan Dapat Apresiasi

Visitasi BAN-PT, Prodi Budidaya Perairan Fapetkan Dapat Apresiasi

- in Citizen, Kabar Kampus
1377
0
Visitasi asesor BAN - PT ke prodi Budidaya Perairan Unsulbar pada Mei 2017. ( Foto : Dok. Prodi Budidaya Perairan )

Visitasi BAN-PT,  Program Studi Budidaya Perairan, Fapetkan Dapat Apresiasi

 

Laporan : Muhammad Syukri, S.Kel, M.Si

Ketua Program Studi Budidaya Perairan Fapetkan Unsulbar

 

Setelah dilakukan asesmen kelayakan dan kepatutan oleh BAN-PT, maka Program Studi Budidaya Perairan jenjang sarjana Universitas Sulawesi Barat dianggap layak untuk divisitasi, sehingga diutuslah asesor untuk memverifikasi kelayakan tersebut pada tanggal 18-20 Mei 2015 bertempat di Fakultas Peternakan dan Perikanan, Universitas Sulawesi Barat.

Visitasi ini berlangsung berdasarkan keputusan rapat Dewan Eksekutif Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), Nomor 3422/BAN-PT/AK/2017 tentang hasil asesmen kecukupan, yang menyatakan bahwa Program Studi Budidaya Perairan pada program S1 Universitas Sulawesi Barat yang berlokasi di Kabupaten Majene dinyatakan lolos ke tahap asesmen lapangan.

Dalam hal ini BAN-PT kemudian secara resmi menugaskan Asesor untuk melaksanakan asesmen lapangan untuk memverifikasi kesesuaian data Borang Prodi dengan data hasil obeservasi di lapangan yang diwakili oleh Ibu Prof., Dr., Ir., Niette Vuca Huliselan, M.Sc. dari Manajemen Sumberdaya Perairan, Universitas Pattimura (UNPATTI) dan Suadi Junaedi, Ph.D dari Manajemen Sumberdaya Perairan, Universitas Gajahmada (UGM).

Sumber Foto- Foto : FB / Indar Darsiani Razak dan Muhammad Nur

Pada asesmen lapangan ini beberapa elemen penting yang dilakukan pemeriksaaan antara lain adalah Borang Akreditasi Prodi Sarjana (Borang 3A) dan Borang Akreditasi Fakultas (Borang 3B) beserta kelengkapan dokumen lainnya yang merupakan bagian dari lampiran borang akreditasi. Selain itu Asesor juga berkesempatan melakukan visitasi pada beberapa tempat yang juga merupakan bagian dari borang diantaranya kunjungan ke ruangan Staf, ruang Dosen, ruang perpustakaan, ruang laboratorium, tambak percontohan, laboratorium IT dan Ruang Kelas.

Pada Sesi lain juga dilakukan wawancara khusus pada Mahasiswa setiap angkatan beserta dengan lulusan/alumni program studi Budidaya Perairan, khususnya bagi alumni yang sudah berhasil diterima ditempat kerja baik pada instansi, perusahaan maupun pada balai benih.

Dosen Prodi Budidaya Perairan yang hadir pada kegiatan visitasi ini antara lain :  Muhammad Syukri S.Kel M.Si selaku Ketua Program studi Budidaya Perairan, Dr. Tenriware, S.Pi., M.Si, Takril, S.Pi., M.Si Nur Indah Sari Arbit., S.Si., M.Si, Muhammad Nur Ihsan, S.Pi, M.Si, Muhammad Nur  S.Pi., M.Si, Darsiani S.Pi., M.Si, Reski Fitriah S.Pi., M.Si, Ir. Nurhidayah M.Si, dan  Muh.Anshar S.Pi., M.Si.

Selain itu asesmen lapangan ini juga dihadiri oleh Dekan Fakultas Peternakan dan Perikanan, Unsulbar yaitu Dr. Ir. Salmin MP yang senantiasa memberikan motivasi dan arahan demi kualitas Prodi Budidaya Perairan yang lebih baik.

 

Ketua Program Studi Budidaya Perairan dalam hal ini Muhammad Syukri S.Kel., M.Si menyampaikan bahwa akreditasi merupakan bagian penting yangtentunya dapat meningkatkan mutu pengelolaan akademik di Universitas Sulawesi Barat khususnya pada program studi budidaya perairan sehingga dengan akreditasi yang semakin membaik,

“Kami harapkan dapat membuka begitu banyak peluang untuk dapat melakukan akselerasi dan kolaborasi sehingga mampu memberikan hasil yang lebih baik lagi kedepannya,” jelas Muhammad Syukri.

Senada dengan hal tersebut,  dosen lainnya Muhammad Nur S.Pi., M.Si, menyampaikan kehadiran asesor BAN-PT di Program Studi kami semata-mata untuk memajukan program studi kami ini, sehingga menjadi sarana bagi kami untuk dapat tukar menukar pemikiran, pandangan, dan interaksi dengan fakultas maupun prodi yang tengah divisitasi.

Pada sesi akhir kegiatan, Tim Asesor menyampaikan beberapa pandangan-pandangan yang diperoleh selama visitasi di Program Studi selama kurang lebih 3 hari, pada Intinya Asesor memberikanapresiasi yang sangat positif terhadap kesiapan program studi menyambut kegiatan asesmen lapangan ini.

“ Selaku ketua program studi, kami menyampaikan terima kasih atas kerjasama kita semua di fakultas, para dosen, mahasiswa, alumni dan khusunya Bapak Dekan ( Fapetkan) yang terus memberi bimbingan,” tambah Syukri.

Program studi Budidaya Perairan menyampaikan terima kasih secara khusus kepada para dosen prodi dan dosen Fapetkan secara umum yang telah berjuang dengan “semangat 45”, tanpa pamrih dan tak mengenal lelah, meluangkan banyak waktu dan pemikiran selama kurang rentang waktu 3-5 hari terakhir selama proses akreditasi berlangsung guna menyiapkan dokumen borang akreditasi ini.

Begitupun kepada para staf Fakultas Peternakan dan Perikanan, Mahasiswa, Lulusan dan semua Pihak yang tak sempat disebutkan satu persatu tapi telah banyak membantu sejak persiapan hingga pelaksanaan akreditasi ini kami ucapkan banyak Terima Kasih. ( RD01)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

Menangkan Pemilihan, Paslon 02 Siap Eratkan Solidaritas Mahasiswa Hukum

Foto: Paslon 02 (Fitriani K – Ma’ruf) Laporan