Gelar Workshop Kreativitas, FMIPA Bangun Jiwa Inovatif Mahasiswa

Gelar Workshop Kreativitas, FMIPA Bangun Jiwa Inovatif Mahasiswa

- in Kabar Kampus
106
0

Foto : dokumentasi panitia

Laporan : Syahril (Ilmu Hukum, 2019)

Karakterunsulbar.com – Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) gelar Workshop Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dengan mengusung tema “Membangun Semangat Berkarya serta Jiwa Kreatif dan Inovatif Mahasiswa”, Kamis, 11 Februari 2021 via Zoom Meeting.

Workshop yang dihadiri 50 peserta tersebut bertujuan untuk menumbuhkan, mewadahi, dan mewujudkan ide kreatif, serta inovatif mahasiswa dengan mengundang beberapa narasumber.

Diantaranya, Prof. Syafruddin Side, M.Si.,Ph.D, selaku Reviewer Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) sekaligus Guru Besar Universitas Negeri Makassar (UNM) dengan materi “Panduan PKM 2021”, dan Richo Chandra, mahasiswa Universitas Andalas peraih medali emas PIMNAS 2019 dengan materi “Kiat-kiat Sukses PKM”.

Menurut Prof. Syafruddin, ada beberapa perubahan panduan pelaksanaan PKM 2021 yakni dilaksanakan secara luring atau virtual serta perubahan beberapa format dan nama PKM.

“Beberapa yang harus diperhatikan mahasiswa untuk PKM 2021 adalah mulai pengangkatan topik yang menarik seperti Covid-19 dan kearifan lokal, itu lebih bisa mendapatkan poin, selain itu kesalahan penulisan sebaiknya dihindari,” ungkapnya, (11/2).

Di sisi lain, Richo Chandra juga mengungkapkan bahwa mahasiswa membutuhkan motivasi dan usaha yang kuat serta kerja sama tim.

“Dibutuhkan motivasi dan usaha yang kuat serta kerja sama tim sangat dibutuhkan,” ujarnya, (11/2)

Contoh materi workshop PKM

Salah satu peserta workshop, Handayani (Statistika, 2020), mengungkapkan, dengan adanya kegiatan tersebut ia mampu memperoleh informasi yang jelas mengenai PKM yang memberikan wadah kepada mahasiswa untuk menuangkan karyanya nanti.

Selain itu, Riswan (Statistika, 2017), berharap dengan adanya kegiatan tersebut mahasiswa lebih termotivasi untuk mengikuti kegiatan PKM.

“Mahasiswa lebih termotivasi lagi untuk mengikuti kegiatan PKM, memperlajari lebih dalam tentang bagaimana mengikuti kompetisi PKM dengan baik dan juga memperoleh kiat-kiat untuk dapat lolos PKM sampai tingkat nasional,” tulisnya melalui pesan WhatsApp, (15/2).

Dekan FMIPA Muhammad Abdy, M.Si.,Ph.D, juga berharap agar mahasiswa FMIPA mampu lolos dalam PKM 2021.

“Dengan adanya kegiatan workshop ini, mahasiswa khususnya di program studi Matematika dan Statistika dapat menumbuhkan ide, inovasi, dan kreatifitas”. tuturnya, (11/2). (rls/Syahril)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

Perikanan Unsulbar Ajari Masyarakat Budidaya Ikan Kerapu dan Kepiting di Karamba

Foto : Suasana diskusi Budidaya Ikan Kerapu dan