Prodi S-1 Keperawatan Unsulbar Raih Akreditasi Baik Sekali

Prodi S-1 Keperawatan Unsulbar Raih Akreditasi Baik Sekali

- in Kabar Kampus
815
0

Foto : proses asesmen akreditasi Prodi Keperawatan Unsulbar

Karakterunsulbar.com – Program Studi S-1 Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes), Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) berhasil meraih Akreditasi Baik Sekali.

Akreditasi diperoleh setelah proses visitasi selama 4 hari, 23-26 Februari 2021 secara daring. Diantaranya, memotret dokumen, proses pengajaran, sarana dan prasarana, serta lokasi praktek.

Ketua Prodi Keperawatan, Indrawati, S.Kep., Ns., M.Kes, menyebutkan bahwa berdasarkan Surat Keputusan Nomor 0063/LAM-PTKes/Akr/Sar/III/2021, akreditasi akan berlaku sampai 25 Maret 2026.

Ia menjelaskan, persiapan telah dilakukan sejak 2019, namun secara resmi pengusulan dilaksanakan Oktober 2020.

“Persiapan yang dilakukan adalah membentuk tim penanggung jawab masing-masing kriteria,” jelasnya saat dihubungi, (5/4/2021).

Tambahnya, dalam proses pengerjaannya, tim selalu mempertahankan kekompakan untuk menyusun bersama instrumen akreditasi yakni dokumen institusi secara komprehensif, terintegrasi dengan menggambarkan hasil analisis dan evaluasi yang dilakukan.

Juga, tim selalu melakukan bimbingan berbagai pihak seperti Pusat Penjaminan Mutu Unsulbar, bahkan mengikuti kegiatan klinik akreditasi.

“Meski ada beberapa catatan rekomendasi dari asesor untuk meningkatkan kualitas sarana dan prasarana, SDM, kerja sama, dan tracer Study, serta alokasi dana untuk penelitian dan pengabdian,” jelasnya saat dihubungi, (5/4/2021).

Dekan Fikes, Dr. Muzakkir, M.Kes, menyampaikan saat dihubungi, ia mengontrol proses penyusunan borang dengan tiap bulannya meminta laporan progres kepada wakil Dekan Fikes, Muhammad Irwan, M.Kes, atau ke ketua tim penyusun, Eva Yuliani, M.Kep., Sp.Kep.An.

“Kerja sama tim sangat menetukan, seluruh civitas akademika Fikes, dukungan Rektor dan jajarannya, serta keuangan sangatlah menentukan,” tuturnya, (5/4).

Visitasi Prodi Keperawatan

Langkah Prodi Keperawatan Pasca Akreditasi Baik Sekali

Ka. Prodi Indrawati mengungkapkan, target selanjutnya adalah meningkatkan animo calon mahasiswa baru dengan pemberian informasi akreditasi untuk memilih Prodi Keperawatan dalam mendaftar di Unsulbar.

Dan, menjadikan hasil ini sebagai dasar dalam meningkatkan kualitas prodi untuk menjadi lebih baik.

“Semoga kedepannya Prodi Keperawatan semakin bagus, kekompakan civitas akademika tetap terjaga, dosen-dosen meningkatkan prestasi di bidang penelitian dan pengabdian masyarakat, serta melahirkan karya intelektual,” harapnya.

Pun juga untuk mahasiswanya diharapkan lebih aktif dan kreatif tidak hanya dalam bidang akademik lingkup kampus, namun juga di luar seperti mengikuti kegiatan BELMAWA, PKM, serta untuk lulusan dapat menyelesaikan pendidikan ke tahap profesi (Ners).

Dekan Muzakkir juga mengungkapkan, ia masih menginginkan akreditasi A, karenanya dukungan dari Rektor untuk sarana prasarana yang masih kurang segera terpenuhi.

“Sebagai Dekan, saya menginginkan Fikes menjadi rujukan pemerintah daerah terkait masalah kesehatan di Sulbar,” ungkapnya.

Sebabnya dibutuhkan peningkatan knowledge, sikap maupun skill melalui penyempurnaan proses pembelajaran. Laboratorium sebagai pra klinik mahasiswa, atau hospital mini, tentu dengan target setiap prodi harus akreditas minimal Baik Sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

Gedung Baru Diresmikan, Kuliah Tatap Muka Masih Dilema

Sumber foto : Humas Unsulbar Karakterunsulbar.com – Universitas