Pemasaran Produk Bambu Unsulbar Secara Digital

Pemasaran Produk Bambu Unsulbar Secara Digital

- in Kabar Kampus
166
0

Foto : Peresmian galeri produk bambu Alu (Sitti Khadijah, S.Pd., M.Ak) 

Karakterunsulbar.com – Program Pengembangan Desa Mitra (PPDM), Fakultas Ekonomi, Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar), berbasis budidaya dan kerajinan kampung Bambu Alu, Polewali Mandar, akan dipasarkan secara digital.

Hal ini diungakapakan ketua tim PPDM, Sitti Khadijah, S.Pd., M.Ak, menyebutkan bahwa fokus kegiatan di tahun ketiga ini adalah pemasaran produk bambu Alu yang bekerjasama dengan owner Sutarna Shop.

“Pemasaran akan dilakukan dengan menggunakan digital berupa sosial media,” jelasnya lebih lanjut. (3/11).

Sebagai bentuk fokus kegiatan di pemasaran, PPDM meresmikan galeri produk kerajinan yang dilakukan oleh Rektor Unsulbar, Dr Akhsan Djalaluddin, MS, bersama dengan peresmian gerbang Hutan Bambu Alu. Selasa, (2/11/2021).

Rektor Unsulbar (Akhsan Djalaluddin) saat melihat-lihat isi galeri produk bambu Alu

Galeri tersebut sebagai bentuk program pengembangan desa mitra Unsulbar yang sudah dilaksanakan sejak 2019 lalu.

Selain ketua, anggota tim pengabdian adalah Dr. Ritabulan, S.Hut., M.Si, Nuraeni, M., S.Pd., M.Ak dan M. Rizky Prawira, S.IP, M.Se. Mereka merupakan dosen Fakultas Ekonomi Unsulbar.

Kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan pelantikan secara resmi pengelola ekowisata hutan bambu Alu oleh Bupati Polewali Mandar dalam hal ini diwakili oleh Camat Alu.

Lebih lanjut, Khadijah berharap pada tahun terakhir kegiatan PPDM, akan ada sistem yang berkelanjutan dari pemerintah desa Alu dan pengurus ekowisata hutan bambu yang baru dilantik.

“Sehingga apa yang sudah dijalankan melalui kegiatan PPDM Unsulbar selama 3 tahun, bisa berkelanjutan bahkan semakin baik di masa yang akan datang,” harapnya.

Sebelumnya, pada dua tahun terakhir sudah terdapat berbagai program kerja yang dilaksanakan, seperti Pelatihan, Workshop, pembuatan produk, pemasaran produk, pengawetan bambu, prosiding Nasional dan Internasional, Jurnal Nasional dan Internasional, dan masih banyak beberapa kegiatan yang lainnya .

Tidak hanya itu, Tim PPDM juga melakukan analisa tentang kendala bagi mitra pengrajin dan memberikan solusi yaitu pengadaan alat untuk memudahkan pengrajin dalam menerima dan menyelesaikan produk sesuai pesanan konsumen.

Menurut Khadijah, Alu memiliki potensi yang sangat besar, salah satunya adalah hutan Bambu Alu. Sehingga perlu dibangun kolaborasi yang baik antara pemerintah daerah dan Civitas Akademik yang ada di Provinsi Sulawesi Barat, khususnya di Unsulbar.

Turut hadir, kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Barat, kepala Bidang Pemuda Kabupaten Polewali Mandar, Camat Alu, Perwakilan Bappeda, beberapa kepala desa, Ketua dan sekretaris LPPM dan PM Unsulbar, para wakil Dekan, perwakilan dosen, mahasiswa Unsulbar serta seluruh elemen masyarakat desa Alu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

Wisuda Pertama di Kampus Padha-Padhang

Foto : Pelaksanaan program wisuda IX Tahun 2021