Tingkatkan Pariwisata, Unsulbar Luncurkan Aplikasi Smart Tourism

Tingkatkan Pariwisata, Unsulbar Luncurkan Aplikasi Smart Tourism

- in Berita
238
0

Foto : Peluncuran aplikasi Smart Tourism Unsulbar di Villa Bogor Majene

Reporter : Yasri Arruan Lipu, Alfian Mansyur

Karakterunsulbar.com – Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar), meluncurkan aplikasi bernama Smart Tourism guna mendukung pariwisata di Sulawesi Barat.

Aplikasi yang diperkenalkan pada Kamis, 4 November 2021 di Villa Bogor Majene itu bertujuan untuk membantu promosi wisata dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Sulbar. Hal ini disampaikan ketua tim Matching Fund, Asmawati S, S.Kom.,M.Pd., yang juga merupakan dosen Fakultas Teknik Informatika Unsulbar pada peluncuran aplikasi.

“Untuk membantu promosi wisata khususnya daerah Sulawesi Barat, juga membantu UMKM,” jelas Asmawati pada tim karakterunsulbar.com, (4/11).

Aplikasi Smart Tourism merupakan hasil kerja sama dengan PT. YoY Manajemen Internasional (YMI) dan Dinas Pariwisata Sulawesi Barat.

Karenanya, Asmawati berharap aplikasi Smart Tourism bisa berkolaborasi dengan UMKM, penggiat wisata, dan instansi terkait untuk peningkatan pariwisata di Sulbar nantinya.

“Harapannya ialah, kita bisa berkolaborasi dengan UMKM, penggiat wisata, dan instansi terkait untuk aplikasi ini, dan membantu masyarakat untuk meningkatkan perekonomian khususnya di Sulawesi Barat,”.

Ditemui di lokasi yang sama, kepala Dinas Pariwisata Sulbar, Drs. Farid Wajdi, M.Pd, antusias menyambut aplikasi pariwisata itu.

“Pariwisata kali ini akan mengembangkan satu jalur turis mulai dari Majene ke Sendana daerah Alu dan sekitarnya,” ujarnya saat ditanya, (4/11).

Rektor Unsulbar, Drs. Ir. Akhsan Djalaluddin MS, mengapresiasi pembuatan aplikasi Smart Tourism, inovasi ini dapat menunjukkan ke pemerintah pusat bahwa kita bisa membuat suatu produk yang membantu daerah dalam mendigitalkan masalah pariwisata.

“Kita sekarang bekerja sama dengan industri pariwisata. Harapannya, mahasiswa yang menjadi sarjana nanti tidak lagi orientasi teoritis tetapi bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk meningkatkan pariwisata,” ungkapnya, (4/11).

Peluncuran aplikasi Smart Tourism juga dihadiri oleh CEO PT. YMI, Sofyan SS, serta beberapa perwakilan mahasiswa Unsulbar dan stakeholder lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

Menangkan SIGMA Himapedka, SMAN 1 Campalagian Bawa Pulang Piala Gubernur Sulbar

Foto : Penyerahan piala bergilir Gubernur Sulbar pada