Mahasiswa Agroteknologi Praktik Lapang di Lokasi Food Estate, Pemkab Majene Beri Apresiasi

Mahasiswa Agroteknologi Praktik Lapang di Lokasi Food Estate, Pemkab Majene Beri Apresiasi

- in Berita, Kabar Kampus
48
0
Praktik Lapang Mahasiswa Agroteknologi di Pambo'borang, Kamis, 06 Juni 2024. (foto: Ist)

karakterunsulbar.com- Ratusan mahasiswa program studi Agroekoteknologi, Fakultas Pertanian dan Kehutanan (Fapertahut) Universitas Sulawesi Barat menggelar praktik lapang terpadu bertempat di lokasi food estate Dusun Galung Paara, Desa Pamboborang, Kecamatan Banggae, Kabupaten Majene.

Pemerintah Kabupaten Majene memberi apresiasi kegiatan tersebut dan siap bekerjasama lebih lanjut.

Dalam release yang diterima redaksi KARAKTER, acara Praktek Lapang Terpadu Prodi Agroekoteknologi di lokasi food estate Dusun Galung Paara yang berlangsung Kamis, 6 Juni 2024 dibuka Sekretaris Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan, Abdul Azis, MMAgr.

Di hadapan ratusan mahasiswa, Abdul Azis memberi apresiasi kegiatan praktik lapang sebagai kesempatan bersama antara pemerintah dan institusi pendidikan seperti Unsulbar dalam mengungkap realitas di lapangan.

“Pembangunan pertanian ini harus dimulai dari pengamatan yang serius, dan itu membutuhkan keterlibatan banyak pihak termasuk kampus”, tutur Abdul Azis saat memberikan sambutan.

Menurut Abdul Azis, dengan hadirnya dosen dan mahasiswa di tengah lahan petani dapat menemukan inspirasi untuk penelitian yang tentunya memberi dampak yang positif terhadap pembangunan pertanian.

“Kami menyambut baik kegiatan seperti ini, dan kami siap jika ada yang Dinas dapat beri bantuan kepada Prodi Agroekoteknologi, sebab ada banyak petani di Majene ini yang dapat dikunjungi dan perlu kita pikirkan bersama mengenai kemajuannya” tambah Abdul Azis.

Sementara itu, Koordinator program studi Agroekoteknologi Unsulbar, Nurmaranti Alim, S.P., M.Si. menjelaskan bahwa praktik lapang terpadu ini adalah kegiatan yang menjadi bagian penting dari proses pembelajaran di kampus.

“ Dengan praktik lapang terpadu ini adalah untuk menyempurnakan pembelajaran yang telah dilakukan di ruang kelas. Dan lokasi praktik lapang di Desa Pamboborang ini sangat tepat untuk mata kuliah yang sedang berjalan di semester kali ini” Ungkap Nurmaranti.

Oleh karena itu, pihaknya mengungkapkan terimakasih atas dukungan penuh dari Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Majene atas terlaksananya kegiatan praktik lapang terpadu kali ini.

“ Kami mengungkapkan terimakasih banyak kepada Dinas Pertanian Kabupaten Majene, telah mendukung penuh kegiatan ini dengan melibatkan banyak pihak mulai dari staf dinas, badan penyuluh, hingga petani binaan dalam kegiatan pembelajaran bagi mahasiswa didik kami”, tutur Nurmaranti.

Kondisi Pertanian

Ketua panitia pelaksana praktik lapang terpadu prodi agroekoteknologi Unsulbar, Dr. Niken Nur Kasim, S.P., M.P. mengungkapkan, kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa dan dosen.

“peserta yang hadir hari ini lebih dari 125 orang mahasiswa dan 12 orang dosen prodi agroekoteknologi” ungkap, Doktor bidang Virologi Tanaman ini.

Niken berharap agar mahasiswa dan dosen dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan baik untuk mempelajari sebanyak-banyaknya mengenai kondisi pertanian di Majene.

“adik-adik mahasiswa dan dosen, bisa mendapatkan ide penelitian yang bisa dilakukan untuk memajukan pertanian daerah kita. Baik itu skripsi, maupun jurnal ilmiah bagi dosen-dosen.” tutupnya. (RD01)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

Resmi Berdiri, Prodi Bisnis Digital Unsulbar Siap Terima Mahasiswa Baru

karakterunsulbar.com – Program studi Bisnis Digital yang baru