Penyu “I Penur”, Maskot Pilkada Sulbar, Diperkenalkan ke Kampus Unsulbar

Penyu “I Penur”, Maskot Pilkada Sulbar, Diperkenalkan ke Kampus Unsulbar

- in Berita, Kabar Kampus
239
0

Foto : Wakil Rektor Unsulbar, Prof. Oslan Jumadi,  M.Phil., Ph.D memberikan sambutan di acara KPU Sulbar Goes To Campus Unsulbar, 23/06/2024. (foto: ist)

karakterunsulbar.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulbar menggelar sosialisasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada ) Gubernur di kampus Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar), Minggu (23/06/2024).

Pada kegiatan tersebut, disamping diisi dengan presentase materi pendidikan pemilih, juga dilakukan pengenalan maskot, Tagline dan Jingle Pilkada Sulbar 2024.

Pengenalan Maskot Pilkada Sulbar 2024 yaitu Penyu yang dinamai “I Penur” berlangsung di sela acara “KPU Sulbar Goes to Campus Unsulbar” di aula Theater, kampus Padha-Padhang, Kelurahan Tande Timur, kecamatan Banggae Timur, Majene.
Sejumlah boneka Penyu “I Penur” dibagikan KPU Sulbar kepada para peserta sosialisasi yang terdiri antara lain, dosen serta mahasiswa Unsulbar.

Mahasiswa Unsulbar menerima boneka maskot dari Ketua KPU Sulbar Said Usman Umar.

Hadir dalam kegiatan tersebut, antara lain, Wakil Rektor Unsulbar Prof Oslan Jumadi, Ketua KPU Sulbar Said Usman Umar, Anggota KPU Sulbar, Budiman Irman, Ketua Pusat Studi Pemilu dan Politik Lokal (PUSMIPOL) Unsulbar, Farhanuddin.
Tampak hadir juga sejumlah ketua Program studi, dosen lintas fakultas, serta ratusan mahasiswa Unsulbar.

Selain Maskot, KPU Provinsi Sulbar juga memperdengarkan lagu jingle Pilkada Sulbar 2024 berjudul Pilkada Sulbar Barani.

” Slogan Pilkada Sulbar “BARANI” merupakan penggabungan dari kata, Berbudaya, Aman, Ramah dan Melayani,” ungkap Ketua Said Usman saat membuka acara.

Sebelumnya, dalam sambutannya, Wakil Rektor Prof. Oslan mengapresiasi kegiatan sosialisasi Pilkada di kampus. Ia berharap dengan sosilisasi ke kampus seperti itu akan meningkatkan partisipasi dan kualitas penyelenggaran pilkada.

Ketua PUSMIPOL Unsulbar Farhanuddin dan Anggota KPU Sulbar Budiman Imran bergantian menyampaikan materi tentang pentingnya civitas akademika Unsulbar untuk mencermati tahapan pilkada Sulbar.
Budiman meminta para dosen dan mahasiswa penting untuk memastikan diri terdata sebagai pemilih.
Acara dilanjutkan dengan dialog dipandu moderator yakni staf KPU Sulbar, Andi Tenri.

Mascot dan Pelestarian

Sementara itu merespon hadirnya I Penur sebagai maskot Pilkada Gubernur Sulbar 2024, Farhanuddin memaknai, bahwa tampilnya Penyu sebagai maskot Pilkada merupakan bentuk dukungan terhadap nyata dalam kampanye pelestarian fauna Penyu yang semakin terancam keberadaannya.

Saat mengusulkan Penyu sebagai Maskot Pilgub Sulbar pada acara FGD KPU Sulbar, 8 Mei 2024, Farhan, sapaan akrabnya, menjelaskan bahwa Penyu berperan vital dalam menjaga ekosistem laut, perairan yang sehat.
Laut yang sehat akan menjadi habitat berjuta-juta ikan sebagai sumber protein penting bagi manusia.

” Jadi hadirnya I Penur ini sangat bagus dalam memberikan literasi ke kita semua, posisi penting Penyu dalam keberlanjutan hidup manusia, kita menunggu nanti visi – misi para calon kepala daerah khususnya pada isu pelestarian lingkungan ini,” kata Farhan.

Farhanuddin (tengah) saat menyampaikan usulan Penyu sebagai maskot Pilgub di acara FGD KPU Sulbar, 08 Mei 2024.

Ia menambahkan kondisi dimana Penyu yang terancam punah adalah hal yang sangat mengkhawatirkan, padahal Penyu merupakan hewan yang sangat dibutukan dalam pelestarian lingkungan.

Menurutnya, pelestarian penyu sudah menjadi isu global, badan konservasi dunia misalnya, International Union for the Conservation of Nature and Natural Resources sudah memasukkan Penyu dalam kategori Rentan terancam punah hingga kritis. (RD01)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

Sejarah Baru Unsulbar, MendikbudRistek Resmi Beri Izin Pembukaan S-2, Magister Manajemen

Foto : Rektor Unsulbar, Prof. Muhammad Abdy (ketiga